CONTOH MAKALAH BAHASA INGGRIS TENTANG TAKING TELEPHONE MESSAGE


KATA PENGANTAR

Puji dan syukur saya panjatkan atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat limpahan rahmat dan karunia-Nya saya dapat memenuhi tugas menyusun makalah ini dengan baik dan benar, serta tepat pada waktunya. Dalam tugas makalah ini saya membahas tentang “Taking Telephon Message ”. Tidak lupa pula saya mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan makalah ini.

Saya menyadari bahwa dalam penyusunan makalah ini masih banyak kekurangan, untuk itu kritik dan saran serta dukungan saya butuhkan demi kesempurnaan tugas makalah ini. Akhir kata semoga makalah ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua.



Kendari, 6 Maret 2020



DAFTAR ISI

Kata Pengantar

Daftar isi

BAB I PENDAHULUAN

a. Latar Belakang

b. Rumusan Masalah

BAB II PEMBAHASAN

1.  Taking Phone Message (Menyampaikan Pesan telepon)

2.  When calling someone (Ketika menelphone seseorang)

3.  When receiving the call (Ketika menerima telephone/Panggilan)

4. When a caller asks for someone who's not there (Ketika seorang penelepon Ingin berbicara dengan  seseorang yang tidak ada di sana)

5. When the message is not clear, you can ask the caller to repeat. (Ketika pesannya tidak jelas, Anda dapat meminta penelepon untuk mengulangi).

6. Ungkapan/ekspresi yang biasa digunakan ketika seseorang akan melakukan reservasi, baik itu reservasi hotel, restoran, dan tempat lainnya.


BAB III PENUTUP

a.    Kesimpulan

b.    Saran

DAFTAR PUSTAKA



BAB I PENDAHULUAN

a.       Latar Belakang

Ketika kita berhadapan dengan sebuah pekerjaan maka, kita tidak bisa menghindari berkomunikasi apalagi bekerja disebuah perusahaan internasional, atau perusahaan dimana tempat kita bekerja memiliki mitra perusahaan asing dan kita bertugas untuk menerima sebuah panggilan telephone yang masuk, kita sudah harus tahu dengan istilah maupun ungkapan-ungkapan bisnis yang tentunya sudah sering digunakan dalam percakapan antarsesama pembisnis melalui telephone. Telephone adalah hal umum yang telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. hampir semua orang yang mempunyai telephone dan tahu bagaimana menggnakannya.

Dalam makalah ini kita akan mempelajarilebih spesifik yaitu tenatng bagaimana berbicara melalui telephone dalam situasi tertentu khususunya dalam bisnis. walau bagaimanapun pada saat berbicara lewa telephone dalam situsi bisnis kita harus dapat melakukannya secara profesional.

Sebenarnya bukan hanya dalam dunia bisnis, dalam aktivitas kita setiap haripun akan ada kemungkinan harus menggunakan komunikasi seperti ini.

b. Rumusan Masalah

1. Bagaimana cara Asking the caller to leave a message (Bertanya kepada penerima telpon adakah sebuah pesan) ?

2. Bagaimana cara Leaving a message (Memberikan sebuah pesan) ?

3. Bagaimana cara Taking telephone messages (Menyampaikan pesan telpon) ?



BAB II PEMBAHASAN

1.   Taking Phone Message (Menyampaikan Pesan telepon)

Taking simple phone message is something that is important and useful in every language. At home or at work, we might need this skill when we receive a call on the phone and need to pass a message for others.

( Mengambil pesan telepon sederhana adalah sesuatu yang penting dan bermanfaat dalam setiap bahasa. Di rumah atau di kantor, kita mungkin memerlukan keterampilan ini ketika kita menerima panggilan di telepon dan perlu menyampaikan pesan kepada orang lain. )

We often find ourselves in a situation when we receive a phone call for someone who's not there and there's a message we need to take for that person. There are some useful different phrases we can use for that.

(Kita sering menemukan diri kita dalam situasi ketika kita menerima panggilan telepon untuk seseorang yang tidak ada di sana dan ada pesan yang perlu kita ambil untuk orang itu. Ada beberapa frasa berbeda yang berguna yang dapat kita gunakan untuk itu).

2.  When calling someone (Ketika menelphone seseorang)


- Hello, can I speak to [name], please?

(Hello, Bisakah saya berbicara kepada (sebut nama)?)


- Good morning/afternoon. This is [your name]. I would like to speak to [name].

(Selamat pagi/siang. Ini (sebut nama Anda). Saya ingin berbicara kepada (sebut nama).)

If you're the caller and the person you want to talk to is not there, you can leave a message. Here's some other useful phrases you can use.

(Jika Anda penelepon dan orang yang ingin Anda ajak bicara tidak ada di sana, Anda dapat meninggalkan pesan. Berikut beberapa frasa bermanfaat lainnya yang dapat Anda gunakan.)
- I would like to speak to [name] about ...

(-Saya ingin berbicara dengan [Sebut nama] tentang ... 
- Could you ask [name] to call me back at ... pm?

(-Bisakah Anda meminta [nama] untuk memanggil saya kembali pada ... pm?)
- Do you know when he/she will be back?

( Apakah Anda tahu kapan dia akan kembali?)


3. When receiving the call (Ketika menerima telephone/Panggilan)

- Hello, [your name] speaking. (Heloo, (nama Anda) berbicara)

- Good morning/afternoon. [your name] speaking. (Selamat pagi/siang. (Nama Anda) berbicara)

- Good morning/afternoon. This is [your company name and your name] speaking. May I help you? (Selamat pagi/siang. Ini (Nama perusahaan Anda dan Nama Anda) berbicara. Ada yang bisa saya bantu?)

4. When a caller asks for someone who's not there (Ketika seorang penelepon Ingin berbicara dengan  seseorang yang tidak ada di sana)

- I'm sorry. He/she is not at home/in the office at the moment. ... [provide the reason here]. May I take a message?

(Maafkan saya. Dia sedang tidak di rumah / di kantor saat ini. ... [berikan alasannya di sini]. Bolehkah saya menerima pesan?)

- [Name] is not here, yet. Can I take a message?

([Nama] belum datang. Bisakah saya menerima pesan?)

- I'm sorry. He's in a meeting now. Would you like to leave a message?

(Maafkan saya. Dia sedang rapat sekarang. Apakah anda ingin meninggalkan pesan?)
- She's on a vacation leave now. May I take a message?

(Dia sedang cuti liburan sekarang. Bolehkah saya menerima pesan?)

5. When the message is not clear, you can ask the caller to repeat. (Ketika pesannya tidak jelas, Anda dapat meminta penelepon untuk mengulangi).

- Could you speak more slowly, please?

(Bisakah Anda berbicara lebih lambat?)

- Could you repeat that, please?

( Bisakah Anda mengulanginya?)

- Could you spell that, please?

(Bisakah kamu mengejanya?)

Let's take a look at the dialogue below as an example.

(Mari kita lihat dialog di bawah ini sebagai contoh).

EXAMPLE (CONTOH) 1 :

Contoh dialog percakapan bahasa Inggris untuk meninggalkan pesan (leave a message/messages) kepada seseorang.

Secretary : Good morning, Parker Industries. (Selamat Pagi, Industri Parker)

Mr. Kale : Hello. May I speak to Ms. Graham, please? (Hello, Bisakah saya berbicara kepada Ms. Graham ? )

Secretary : I'm sorry. She's not in. Would you like to leave a message? (Mohon maaf, Beliau tidak ditempat. Adakah pesan Anda yang akan saya sampaikan untuknya ?)
Mr. Kale : Yes, please. This is Mr. Kale. (Ya, tolong. Ini Mr. Kale)
Secretary : Is that G-A-L-E? (Apakah Gale ?)

Mr. Kale :
No, it's K-A-L-E. (Bukan, Tapi Kale?)

Secretary : All right. (Baiklah)

Mr. Kale :
Please tell her the meeting is on Friday at 2.30. (Mohon sampaikan kepada beliau ada pertemuan pada hari jum’at jam 2.30 siang)
Secretary : Friday 2.30. (jum’at 2.30)

Mr. Kale : And would you ask her to phone me this afternoon? My number is 346-4032. (dan bisakah Anda menanyakannya untuk menelpon saya siang ini ? Ini nomor saya 346-4032)

Secretary : 346-4032. Yes Mr. Kale. I'll give Ms. Graham the message. (346-4032. Ya Mr. Kale. Saya akan memberitahukan kepada Ms. Graham)
Mr. Kale :
Thank you. Good bye. (Terima Kasih, selamat tinggal)

Secretary : Good bye. (Selamat tinggal)


EXAMPLE (CONTOH) 2 :

 
Linda is calling her friend, Tina. But, Tina is not at home. Her brother picks up the phone and asks Linda if she wants to leave a message. (Linda menelpon temannya Tina. Tetapi, Tina tidak ada dirumah. Saudara laki-lakinya mengangkat telephon dan bertanya kepada Linda Jika dia mempunyai pesan untuk disampaikan)

Dodi: Hello, Dodi speaking. (Hello, Dodi yang berbicara).

Linda: Hey Dodi, is Tina home? (Hei, Dodi. Apakah ini rumah Tina?)

Dodi: Uhmm... Who is this? Tina hasn't come back home yet. (uhhhmm... Siapa ini? Tina belum pulang)
Linda: This is Linda. Do you know when she'll be back? (Ini linda. Apakah kamu tahu kapan dia pulang?)

Dodi: Oh hey, Linda. I'm not sure but probably in an hour or two. She went out to buy something. Can I take a message? (Oh hey, Linda. Saya tidak tahu tapi sekitar sejam atau dua jam. Dia keluar untuk membeli sesuatu. Ada pesan untuknya?)
Linda: Yes, could you tell her to call me back, please? (Yah, bisakah kamu memberitahukan kepadanya untuk menelponku kembali?)
Dodi: Sure. (tentu)

Linda: But I've just changed my number. Could you pass it to her? (Tetapi, saya mengubah nomorku, bisakah berikan kepadanya? )

Dodi: Yeah... What's your number? I'll take a note. (Yeah, Berapa nomor hpmu? Saya akan catat)

Linda:
Okay. My number is 0815-9876-799. (oke, Nomorku 0815-9876-799).

Dodi: Let me repeat. 0815-9876-799, right? (Saya ulangi. 0815-9876-799, benarkah?)

Linda: That's correct. (Itu benar)

Dodi: Ok. I'll tell her when she comes back. (Ok, saya akan memberitahukannya ketika dia pulang)

Linda: Thanks again, Dodi. (Terima kasih, Dodi)

Dodi: You're welcome. (sama-sama).
EXAMPLE (CONTOH 3) :

Tatia is calling Mr. Rio's office. But, Mr. Rio is currently away for a meeting so his assistant, Leia, is answering the call. (Tatia menelepon kantor Pak Rio. Tapi, Pak  Rio saat ini sedang pergi untuk rapat sehingga asistennya, Leia, menjawab panggilan itu.)
Leia: Good morning. Leia Gunawan from Smith Company speaking. May I help you? (Selamat pagi. Leia Gunawan dari Smith Company berbicara. Dapatkah saya membantu Anda?)
Tatia: Good morning. This is Tatia Sukma. I would like to speak to Mr. Rio. (Selamat pagi. Ini Tatia Sukma. Saya ingin berbicara dengan Pak Rio.)
Leia: I'm sorry. Mr. Rio is currently away for a meeting. Would you like to leave a message? (Maafkan aku. Pak Rio saat ini sedang pergi untuk rapat. Apakah anda ingin meninggalkan pesan?)
Tatia: Yes, please. Please tell him that I'm Tatia, the marketing office from Nielda Company. I would like to confirm the project he's submitting to our office last month. Could you tell him to check his email and call me back after he check that? (ya, kumohon. Tolong katakan padanya bahwa saya Tatia, kantor pemasaran dari Nielda Company. Saya ingin mengkonfirmasi proyek yang dia kirimkan ke kantor kami bulan lalu. Bisakah Anda memberitahunya untuk memeriksa emailnya dan menelepon saya kembali setelah dia memeriksanya?)

Leia: Of course. Do you have the email address so I can tell him to check the email from that address. (Tentu saja. Apakah Anda memiliki alamat email sehingga saya dapat memberitahunya untuk memeriksa email dari alamat itu.)

Tatia: Yes. It's tatiasukma@nieldamail.com. (Ya. Itu tatiasukma@nieldamail.com)

Leia: Ok. Let me repeat, tatiasukma@nieldamail.com. (biarkan saya mengulangnya, tatiasukma@nieldamail.com.)

Tatia: That's correct. My number is 739-5282.

Leia: Got it. 739-5282.

Tatia: Yes. (ya)

Leia: I'll let Mr. Rio know about it after he comes back from the meeting. (Saya akan memberitahukan kepada Mr. Rio setelah dia selesai pertemuan)

Tatia: Thank you so much. (Terima kasih banyak)

Leia:
You're welcome. (Sama-sama)


6. Adapun sejumlah ungkapan/ekspresi yang biasa digunakan ketika seseorang akan melakukan reservasi, baik itu reservasi hotel, restoran, dan tempat lainnya.

Expression (ungkapan) 1  :

Q : I'd like to make a hotel reservation. (Saya ingin membuat reservasi (memesan) hotel.)

A : Yes, what kind of hotel are you looking for? (Ya, hotel seperti apa yang Anda cari?)
Expression (ungkapan) 2 :

Q : I'd like to make a reservation for a single room. (Saya ingin membuat reservasi untuk satu kamar.)
A : All right, how long do you plan to stay? (Baiklah, berapa lama Anda berencana untuk tinggal?)
Contoh Percakapan Bahasa Inggris untuk Reservasi Hotel

Susan : I'd like to make a hotel reservation for Washington D. C., please. (Tolong, saya ingin membuat reservasi hotel untuk Washington D. C.)
Agent : Yes, of course. What kind of hotel are you looking for? (Ya tentu saja. Hotel seperti apa yang Anda cari?)
Susan : Something in the medium price range. Do you have anything about $50 to $60 a day?
( Sesuatu dalam kisaran harga sedang. Apakah Anda memiliki sesuatu sekitar $ 50 hingga $ 60 sehari?)

Agent : I think so. Let me see. Do you need a central location? (Saya kira begitu. Biarku lihat. Apakah Anda memerlukan lokasi pusat?)

Susan : Actually, I'd like to something near Georgetown University. (Sebenarnya, saya ingin sesuatu di dekat Universitas Georgetown.)
Agent : Georgetown University. Yes. Well, we have the University Inn. That's very nice. It's within walking distance from the University. (Universitas Georgetown. Iya. Kita punya Inn Universitas. Itu sangat bagus. Ini dalam jarak berjalan kaki dari Universitas.)
Susan : And how much is that, please? (Dan berapa harganya?)

Agent : Is that a single room? (Apakah itu kamar tunggal?)

Susan : Yes, please. (Iya)

Agent : A single is $58.50. (seharga $ 58,50.)

Susan : That'll do. I'd like that from the 20th to the 27th of May. (OK. Saya akan disana dari tanggal 20 hingga 27 Mei.)
Agent : All right. I'll make the reservation for you. I'll need to have your name, address, and phone number, please. (Baiklah. Saya akan membuat reservasi untuk Anda. Saya perlu memiliki nama, alamat, dan nomor telepon Anda)
 
BAB III KESIMPULAN

a.  Kesimpulan (Conclusion)


Actually, there's no strict rules on how to receive a call and take a message. We just need to make sure we know who the caller is, what do they want to talk about, what the message is, and to what number the person should call them back if they have many numbers.

(Sebenarnya, tidak ada aturan ketat tentang cara menerima panggilan dan menerima pesan. Kita hanya perlu memastikan bahwa kita tahu siapa peneleponnya, apa yang ingin mereka bicarakan, apa pesannya, dan berapa nomor orang yang harus dihubungi jika mereka memiliki banyak nomor.)


Dari pembahasan diatas maka kita bisa mengetahui :

Cara untuk Menanyakan seseorang untuk menitipkan pesan (Asking the Caller to leave a message)
  • Would you like to leave a message ? (Apakah anda ingin meninggalkan pesan ?)
  •  If i can take your name and number, I’ll ask him to call you back. (Jika saya dapat mengambil nama dan nomor Anda, saya akan memintanya untuk menelepon Anda kembali.)
  •  Just a moment. I’ll write that down for her. (Sebentar. Saya akan menuliskannya untuknya.)
  • Okey. Just a second. I’ll get a pen and some notes for her. (Oke. Tunggu sebentar. Saya akan mendapatkan pena dan beberapa catatan untuknya.)
  • Just a minute, Let me make a note of that so i can pass your message to her. (Tunggu sebentar, izinkan saya membuat catatan agar saya dapat menyampaikan pesan Anda kepadanya.)
  • Okey, I’ll make sure (that) he gets your message. (Oke, saya akan memastikan (bahwa) dia menerima pesan Anda)

Cara untuk Meninggalkan Pesan ke penerima telepon (Leaving A message to the phone receiver)
  •  Can/Could you tell him that... (Bisakah / Bisakah Anda memberi tahu dia bahwa ...)
  •  Can/Could you ask her to.. (Bisakah / Bisakah Anda memintanya untuk ..)
  •  Can/Could you take a message? (Bisakah / Bisakah Anda menerima pesan?)
  •  Can/Could you ask him to call me back? (Bisakah / Bisakah Anda memintanya untuk menelepon saya kembali?)
  • Can/Could you tell her I called? (Bisakah / Bisakah Anda memberitahunya bahwa saya menelepon?) 
  • So, I think that’s everything. Thanks. (Jadi, saya pikir itu segalanya. Terima kasih.)

b.  Saran

Sebagai pelajar maka, sudah seharusnya kita mempelajari bagaimana cara menerima panggilan/telephone dan menerima serta memberikan pesan . Tak cukup hanya dipelajari, lebih baiknya terus mempraktekannya agar apa yang sudah dipelajari tidak terlupakan begitu saja.

DAFTAR ISI

https://www.dimensibahasainggris.com/2018/08/taking-phone-message.html

https://brainly.co.id/tugas/12913631

https://eflfl.blogspot.com/2016/02/percakapan-bahasa-inggris-messages-and.html

 Wallahu a'lam..
CONTOH MAKALAH BAHASA INGGRIS TENTANG TAKING TELEPHONE MESSAGE   CONTOH MAKALAH BAHASA INGGRIS TENTANG TAKING TELEPHONE MESSAGE Reviewed by Annisa Wally on 07:26 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.