PANCASILA SEBAGAI DASAR DAN IDEOLOGI NEGARA

 Sumber : insists.id

Krisis moral dan identitas kita sebagai bangsa dan negara semakin kuat tantangannya. 

Oleh karena itu, pendidikan pancasila perlu diajarkan di sekolah maupun perguruan tinggi hal ini dipertegas oleh UU No. 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi yang ditegaskan bahwa mata kuliah agama, pancasila, kewarganegaraan dan bahasa Indonesia wajib dimasukkan di dalam kurikulum pendidikan tinggi. 

Ini merupakan sebagai bagian dari motivasi dan support untuk meningkatkan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan masyarakat akademik dan menjadi kunci dalam pencegahan terhadap ideologi-ideologi yang menyimpang dari nilai-nilai yang termaktub dalam sila-sila dalam pancasila.

Untuk lebih memahami pada pembahasan kali ini akan menjelaskan beberapa poin penting yang itu materi rangkuman tentang :

PENGERTIAN PANCASILA DAN PERKEMBANGANNYA

PANCASILA SEBAGAI DASAR NEGARA REPUBLIK INDONESIA

PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI NEGARA REPUBLIK INDONESIA

Langsung saja kita masuk ke penjelasan dari setiap materi :

PENGERTIAN PANCASILA DAN PERKEMBANGANNYA

 Sumber : kompas.com

Pancasila adalah landasan dari segala keputusan bangsa dan menjadi ideologi tentang bangsa serta mercerminkan kepribadian bangsa indonesia. Istilah pancasila telah dikenal sejak zaman kerajaan sriwijayadan majapahit yang tertuang dalam kitab Sutasoma karangan Mpu Tantular, dimana pancasila berarti” berbatu sendi yang lima” atau ” pelaksanaan kesusilaan yang lima “.

Dan beberapa ahli seperti  Mr. Muh. Yamin., Mr. Soepomo., Ir.soekarno menyumbangkan pemikiran bagi dasar negara indonesia. Pada perkembangannya setelah disahkannya UUD  1945 oleh PPKI pada tanggal 18 agustus 1945. Pancasila berada dalam situasi kehidupan bangsa dan negara yang tidak setabil dimulai dari masa orde lama kemudian masa orde baru hingga masa orde reformasi yang pada dasarnya semua memiliki tantangan, tantangan itu adalah KKN dan globalisasi.

 
PANCASILA SEBAGAI DASAR NEGARA REPUBLIK INDONESIA




Sumber : indonews.id
 
Bentuk negara, sistem pemerintahan, dan tujuan negara seperti apa yangingin diwujudkan, serta bagaimana  jalan/cara  mewujudkan  tujuan Negara tersebut,  akan ditentukan  oleh  dasar  negara yang  dianut  oleh  negara  yang bersangkutan.  

Dengan  kata  lain,  dasar  negara  akan  menentukan Bentuk negara, bentuk dan sistem pemerintahan, dan tujuan negara yang ingin dicapai, serta jalan apa yang ditempuh untuk mewujudkan tujuan suatu negara.Pancasila  sebagai  dasar  negara  yang autentik  termaktub  dalam  Pembukaan  UUD  1945. 

 Inti esensi nilai-nilai Pancasila tersebut, yaitu Ketuhanan, Kemanusiaan, Persatuan, Kerakyatan, dan Keadilan sosial. 

Konsekuensi Pancasila sebagai dasar negara bagi negara Republik Indonesia, antara lain: 

Negara Indonesia merupakan negara kesatuan yang berbentuk Republik (Pasal 1 UUD Negara Republik Indonesia  1945).  Pasal  tersebut  menjelaskan  hubungan Pancasila  tepatnya  sila  ketiga  dengan bentuk  negara  yang  dianut  oleh Indonesia,  yaitu  sebagai  negara  kesatuan. Lebih lanjut,  pasal tersebut  menegaskan  bahwa  Indonesia  menganut  bentuk Negara  republik.

Konsep  negara republik sejalan dengan sila kedua dan keempat Pancasila, yaitu negara hukum yang demokratis. Demikian pula dalam  Pasal  1  ayat  (2)  UUD  Negara  Republik  Indonesia  1945,  “kedaulatan berada  di  tangan  rakyat  dan  dilaksanakan  menurut  Undang-Undang  Dasar”. 

Hal  tersebut menegaskan bahwa negara Republik Indonesia menganut demokrasi konstitusional. 

PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI NEGARA REPUBLIK INDONESIA

sumber : sosiologis.com

Istilah  ideologi  berasaldari  kata  idea,  yang  artinya  gagasan,  konsep,  pengertian  dasar,  cita-cita; dan logos yang berarti ilmu. Ideologi secara etimologis, artinya ilmu tentang ide-ide (the science of ideas), atau ajaran tentang pengertian dasar. Ideologi dapat diartikan paham, teori, dan tujuan yang merupakan satu program sosial politik.

Pancasila sebagai ideologi, selain menghadapi tantangan dari ideologi-ideologi besar dunia juga menghadapi  tantangan  dari  sikap  dan perilaku kehidupan  yang  menyimpang  dari  norma-norma masyarakat umum.

Tantangan itu meliputi, antara lain terorisme dan narkoba. Sebagaimana yang telah  diinformasikan  oleh  berbagai  media  masa  bahwa  terorisme  dan  narkoba merupakan ancaman terhadap keberlangsungan hidup bangsa Indonesia dan ideologi negara. 

Beberapa unsur ancaman yang ditimbulkan oleh aksiterorisme, antara lain:

  1. Rasa  takut  dan cemas  yang  ditimbulkan oleh  bom  bunuh  diri  mengancam keamanan  negara dan masyarakat pada umumnya.
  2. Aksi terorisme dengan ideologinya menebarkan ancaman terhadapkesatuan bangsa sehingga mengancam disintegrasi bangsa.
  3. Aksi  terorisme  menyebabkan  investor  asing  tidak  berani  menanamkan modal  di  Indonesia dan  wisatawan  asing  enggan  berkunjung  ke  Indonesia sehingga  mengganggu  pertumbuhan perekonomian negara. 

Berikut ini gambar yang mencerminkan tentang terorisme. Beberapa  unsur  ancaman  yang  ditimbulkan  oleh  penyalahgunaan  narkobameliputi  hal-hal sebagai berikut:

  1. Penyalahgunaan  narkoba  di  kalangan  generasi  muda  dapat  merusak masa  depan  mereka sehingga berimplikasi terhadap keberlangsungan hidup bernegara di Indonesia.
  2. Perdagangan  dan  peredaran  narkoba  di  Indonesia  dapat  merusak  reputasi  negara  Indonesia sebagai negara yang berlandaskan pada nilai-nilai Pancasila.
  3. Perdagangan  narkoba  sebagai  barang  terlarang  merugikan  sistem  perekonomian  negara Indonesia karena peredaran ilegal tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan.
Wallahu a'lam.. 

Baca Juga :
   
PENDIDIKAN PANCASILA DALAM LINTASAN SEJARAH DAN MAKNA BURUNG GARUDA

Referensi (Ahad, 5 April 2020) : 

https://www.timesindonesia.co.id/read/news/235920/pentingnya-pendidikan-pancasila

https://undhirabali.ac.id/wp-content/uploads/2019/08/MATERI-PENDIDIKAN-PANCASILA-DAN-KEWARGANEGARAAN-PKKMB.pdf
PANCASILA SEBAGAI DASAR DAN IDEOLOGI NEGARA PANCASILA SEBAGAI DASAR DAN IDEOLOGI NEGARA Reviewed by Annisa Wally on 19:21 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.