Sindrom Hyperthymesia : Kondisi Seseorang Bisa Mengingat dengan Jelas Tentang Masa Lalu (Riwayat Hidupnya)


Manusia memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Banyak hal yang diluar nalar namun, nyata adanya.

Apakah sobat skefo pernah mengingat masa lalu dengan jelas?  Jika iya maka tidak salah lagi, sobat mengalami sindrom hyperthymesia.

Nah, kondisi mengingat jelas tentang apa yang sudah dilalui ini bernama Hyperthymesia atau Highly Superior Autobiographical Memory (HSAM). Seseorang dengan kondisi ini bisa mengingat hal-hal kecil yang terjadi selama hidupnya.

Melansir laman bobo, orang dengan sindrom hyperthymesia bisa mengingat hal yang ia lakukan dalam satu hari di masa lalu. Misalnya apa yang ia makan dan bahkan bagaimana perasaannya hari itu.⁣

Pakar neurologi James McGaugh mengatakan, ada perbedaan struktur otak orang biasa dengan orang yang memiliki hyperthymesia. Kemudian orang dengan hyperthymesia cenderung mampu berkonsentrasi. Serta tidak mudah teralihkan oleh keadaan lingkungan.

Penjelasan yang sama sebagaimana dilansir dari laman Healthline menjelaskan lebih lanjut bahwa, ada ciri umum yang bisa dikenali jika seseorang mengidap Hyperthymesia. Di antaranya, kemungkinan mereka menghabiskan waktu untuk memikirkan kejadian yang terjadi padanya di masa lalu. Kemudian mereka cenderung mudah berkonsentrasi dan tidak mudah teralihkan oleh lingkungan sekitar.

Selain itu, orang yang memiliki kemampuan ini memiliki banyak benda yang disimpan dan dirawat dengan baik. Kondisi ini membawa keuntungan tersendiri bagi penderita, karena mereka akan sangat mudah dalam menghafal.

Gangguan neuropsikologis ini juga sangat jarang dimiliki oleh orang-orang. Tetapi, di sisi lain kondisi ini menjadi beban karena penderitanya tidak memiliki pilihan apa yang perlu dan tidak perlu diingat.

Berikut komentar beberapa nitizen di IG: @infopsikologi.id tentang sindrom ini :

https://id.pinterest.com/pin/772859986031313882/

"Pernah ngalamin itu padahal sekarang udah SMA tapi masih inget kejadian kejadian pas masih TK dan itu bener bener detail. dan sering dejavu kalo ada hal sekecil apapun yg pernah dilakuin waktu kecil"

"Tapi kok gabisa ngapalin rumus dalam sekejap ya"

"Hampir semua keluarga gw g bisa inget masa kecil mrk pas umur 2-3 taun, tp gw inget sendiri :)
kalo terjadi nya di masa lalu yang buruk ituh di sebut apa?:( "

"Aku dulu susah sebut kata kulkas jadinya kukas dan itu diketawain tmnku sama pembantunya masih ingat juga ketawa mereka kek gmna.. trus pernah tenggelam di kolam.. , sering tuker makanan sama temanku yg kembaran.. sering beli balon tiup pulang skolah itu smua waktu tk "

"Aku sekarang 23th dan masih ingat waktu 4th gimana susahnya ngucapin huruf R pada saat belajar huruf sama ibu. Masih ingat juga letak persis belajarnya dimana "

"Masih ingat dulu waktu kecil kelas 1 SD lagi sakit, hari Rabu, pakai baju warna coklat, trus lagi memandang hujan lewat jendela :v  "

Ternyata sindrom ini baru muncul di tahun 2000an. Dimana ada seorang wanita yang menceritakan apa yang ia alami.

Mari kita simak curahan hatinya seperti yang saya kutip dari laman jurnalposmedia.com :

https://id.pinterest.com/pin/788904059703744016/

Ada seorang wanita asal Amerika Serikat bernama Jill Price, ia bercerita kepada peneliti bahwa dirinya bisa mengingat hal yang setiap hari dilaluinya sejak usia 12 tahun. Sontak kisahnya menjadi sorotan media dan diangkat ke dalam film dokumenter.

Penderitanya digambarkan cenderung memiliki ingatan seperti perpustakaan kaset, di mana ia bisa memutar kehidupan sehari-hari mulai dari bangun hingga tidur kembali. Kisah lain datang dari salah seorang penderita bernama Lesley Sthal. Lesley merasa kemampuan mengingat super tajam yang dimilikinya bagaikan sebuah kutukan.

Dia merasa sedih dan tidak nyaman bila harus terus mengingat kejadian menyedihkan yang menimpa keluarganya pada masa lalu. Bertolak belakang dengan Lesley, penderita bernama Louise Owen yang merupakan pemain biola dari New York, menganggap penyakit ini adalah anugerah.

Penyakit unik ini juga dialami oleh wanita asal Australia bernama Rebecca Sharrock, ia mengatakan dirinya mampu mengingat masa saat usianya baru satu minggu. Wanita berusia 30 tahun ini, mengungkapkan bahwa kenangan yang terus hidup membuat dia sakit kepala dan insomia, bahkan hingga depresi.

Ingatan yang luar biasa ini seperti mesin waktu emosional yang bisa meledak kapan saja. Ada kemungkinan, orang dengan HSAM memiliki potensi besar untuk merasakan lucid dream.

Rebecca berharap penyakit yang dimilikinya dapat membantu orang yang memiliki penyakit Alzheimer, yaitu penyakit otak yang mengakibatkan penurunan daya ingat, kemampuan berpikir dan bicara, serta perubahan perilaku secara bertahap.

Nah, jika kalian mengalami hal ini apalagi kenangan buruk dimasa lalu. Berlahan saja lepaskan apa yang sudah dilalui. Masih banyak hal yang akan terjadi kedepannya. Meski tak bisa melupa setidaknya bisa mendidik diri dan belajar dari apa yang masih teringat jelas dalam ingatan.

Perbanyak lakukan aktivitas bermanfaat misalnya gabung komunitas sesuai hobbymu, atau komunitas relawan, atau komunitas sosial lainnya.

Jangan lupa untuk bersyukur,dan banyak berdoa agar diberi kekuatan untuk menghadapi semua yang terjadi.

Demikianlah pembahasan kita kali ini, semoga bermanfaat..

Wallahu’alam..

Sumber tulisan ini :

http://jurnalposmedia.com/duka-dan-anugerah-penderita-hyperthymesia-9113-2/

IG : Infopsikologi.id

Sumber gambar utama : https://id.pinterest.com/pin/412149803390162866/

Sindrom Hyperthymesia : Kondisi Seseorang Bisa Mengingat dengan Jelas Tentang Masa Lalu (Riwayat Hidupnya) Sindrom Hyperthymesia : Kondisi Seseorang Bisa Mengingat dengan Jelas Tentang Masa Lalu (Riwayat Hidupnya) Reviewed by Annisa Wally on 06:35 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.