Bagaimana Cara Agar Konsisten Menulis Artikel di Blog ?


Berangkat dari pertanyaan salah satu teman saya, kali ini saya akan membagikan bagaimana cara saya pribadi untuk konsisten menulis artikel di blog.

Hal yang penting untuk diketahui adalah “rasa malas”.

Rasa malas akan melakukan sesuatu itu hal yangg wajar saja, rasa malas kita butuhkan untuk tubuh lebih banyak istirahat, juga bisa menjadi cara kita mencari inspirasi lain. 

Contoh sederhananya seperti ini : kamu rasa kamu malas, trus browsing di internet untuk meminimalisir rasa malasmu saat ini dengan mengetik “Cara mengatasi rasa malas”

Nah, tanpa kamu sadari sebenarnya kamu sudah memiliki satu topik yang bisa buat kamu memposting di blogmu sendiri.

Secara pribadi cara saya untuk konsisten menulis artikel blog diantaranya :

1. Niat


Apa yang menjadi niatmu ketika pertama kali membuat akun blog untuk menulis?

Jika untuk mendapatkan uang, itu ngak mengapa atau untuk memberikan manfaat misalnya dengan menulis di blog tentang kisah pribadi yang berisi motivasi hidup, atau tentang nasehat-nasehat islami, bisa juga posting materi pelajaran , atau bisa juga untuk ajang mendapat pahala sehingga menjadi tabungan di akhirat, de el el.

Jangan memulai jika memang ingin berhenti.

2. Prinsip atau Motivasi


Hal yang penting selain niat, ini beda-beda tipis sih. Hanya prinsip terdengar umum. Prinsip atau motivasi apa yang kamu miliki saat membuat blog?

Misalnya :

 “sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi sesama

Atau bisa juga

“ikatlah ilmu dengan tulisan”

Dengan adanya motivasi dalam diri meski pembaca kurang. Maka, kamu tetap akan selalu optimis menebarkan apa yang menjadi prinsip diri. InsyaAllah

3.  Kumpulkan Ide Sebelum Menulis



Bukan kurangnya bakat dalam diri. Saya pribadi juga tak ada basic menulis, hanya entah ingin dan mau menulis saja. Ada rasa yang menyenangkan jika bisa mewujudkan apa yang menjadi prinsip hidup sendiri.

Berhentinya seseorang menulis karena rasa malas yang disebabkan bingung mau nulis apa, itulah ide sangat dibutuhkan untuk mulai menulis.

4.  Memiliki Tujuan Jangka Panjang


Tujuan hampir sama sih dengan niat, prinsip dan motivasi hanya saja sedikit berbeda dari cara pandang seorang penulis.

Jujur saya pribadi tujuannya untuk menjadi wanita mandiri yang berpenghasilan sendiri. Berharap dengan menulis bisa menjadi jalan terbukanya rejeki. Apalagi memang saya menyukai ini, sudah menjadi hobby. 

5.Menulis Topik yang Kamu Senangi


Tidak ada yang lebih menyenangkan selain menulis apa yang kita pahami. Sebab itu akan menjadi penyemangat tersendiri untuk menulis. Tangan akan bermain sendiri untuk mengetik sedang pikiran berfokus kepada tema dan hati akan bercerita sendiri tentang isi dari blog mu sendiri.

Banyak yang berhenti karena mereka mulai tidak menyukai sebab bosan, atau mungkin tidak bergairah lagi. Hal ini mungkin disebabkan tidak adanya rasa senang dimana topik pembahasan memang tak diketahui atau tak dipahami.

Demikian 5 cara saya untuk konsisten nulis setiap hari. Namun, masih ada cara lain yang bisa kamu coba. Temukan cara yang pas atau cocok dengan hatimu. Cukup satu cara juga ngak masalah asal bisa “memaksa” kamu nulis tiap hari.

Dilansir dari laman idntimes.com (Kamis, 02 April 2020) 9 Tips Jitu Biar Kamu Konsisten Menulis Tiap Hari, apa sajakah itu?


Silahkan disimak dan langsung di eksekusi yah..

1. Setiap kali terbangun di pagi hari, pikirkan topik atau tema apa yang mau kamu angkat menjadi tulisanmu hari ini

Kamu bisa mulai berburu tema tulisan sejak kamu terbangun dari tidur pagimu. Misalnya, memanfaatkan waktu kosong saat menunggu giliran antrean mandi, saat sedang sarapan, atau saat di dalam bus menuju tempat kerjamu. Begitu kamu sudah punya topik untuk menulis, langkah berikutnya bakal lebih mudah

2. Kalau kamu kesulitan mendapat ide menulis, coba lakukan tips ini



coba untuk berburu ide menulis dari sumber-sumber berikut ini:
  •     dari pengalaman orang lain (bisa pasangan, teman, keluarga, atau bahkan artis)
  •     dari baca tulisan/artikel orang lain
  •     dari baca buku
  •     dari baca feed di Instagram
  •     dari lihat foto di Instagram
  •     dari momen jalan-jalanmu ke suatu tempat
  •     dari menonton film dan drama Korea
  •     dari hobi
  •     dari aktivitas keseharian kamu
Dari segitu banyaknya sumber inspirasi, dijamin kamu pasti gak akan bingung lagi akan menulis tentang tema apa untuk hari ini.

3. Sudah dapat tema untuk menulis? Segera catat di notes kamu biar gak lupa!


Yang perlu diperhatikan, saat kamu sudah mendapat sebuah topik baru, jangan lupa untuk langsung mencatatnya dalam notes kamu, ya. Tanpa mencatatnya, kamu berisiko kehilangan semua ide-ide menulismu tadi karena lupa.

4. Sembari menunggu dosen datang atau saat jam makan siang kantormu, mulailah memikirkan kalimat pertama apa yang kira-kira cocok untuk paragraf pembuka tulisanmu


Mengingat betapa urgent-nya kalimat pembuka ini, maka jangan ragu menggunakan waktu luangmu untuk terus mengembangkan topik yang kamu punya, ya. Dengan semakin banyak berlatih, kamu pasti akan makin mahir.

5. Sudah dapat kalimat pembukanya? Ayo, lekas dicatat lagi di notes kamu, ya!


Seperti halnya poin nomor 3, kamu kudu buru-buru mencatat kalimat pembuka tulisanmu ke dalam notes. Bila tidak, kamu akan kerja dua kali seandainya tiba-tiba saja lupa.

6. Saat tema dan kalimat pembuka tulisan sudah dapat, kamu tinggal bikin isinya, deh!


Karena kamu sudah pegang topik tulisan dan kalimat pembukanya, artinya kamu akan lebih mudah mengembangkannya ke dalam isi atau inti tulisan. Beban kamu gak berat-berat banget untuk menuntaskan tulisanmu, termasuk menentukan judul tulisan, ya. Kamu cuma butuh kecermatan berpikir dan kecerdikan mengolah kata.

7. Supaya lebih enak dibaca dan isi tulisanmu gak terlalu panjang, kamu bisa pakai format listicle


Selain itu, kelebihan lain dari format listicle adalah tulisanmu lebih to the point, yang berarti kamu gak butuh kalimat basa-basi yang terlalu panjang. Kamu bakal lebih cepat menyelesaikan tulisan tanpa mengurangi esensi dari tulisan kamu.

8. Biar makin bersemangat menulis tiap hari, kamu bisa kirim tulisanmu ke media online, seperti IDN Times Community


Jika tulisanmu dalam bentuk naskah buku, kamu bisa kirimkan ke penerbit untuk mendapat peluang diterbitkan. Sedangkan bila bentuk tulisanmu sejenis artikel, kamu bisa kirimkan ke media online, seperti IDN Times Community. Selain 'memaksamu' untuk lebih semangat menulis setiap hari, mengirimkan karya tulismu ini bisa berpeluang menggendutkan rekeningmu, lho.

9. Terakhir, cukup lakukan 8 langkah tadi secara kontinyu setiap hari


Walaupun awalnya mungkin berat, semakin lama kamu akan terbiasa kok dengan rutinitas menulis setiap hari. Malah bila sudah kecanduan, kamu justru bakal merasa ada yang kurang kalau sehari saja belum menulis. Gak percaya? Coba deh buktikan sendiri.

Demikianlah cara agar konsisten menulis. Semoga bermanfaat.. Salam Sukses.. 

Wallahu a'lam.. 
 
Sumber gambar :
Pinterest
Bagaimana Cara Agar Konsisten Menulis Artikel di Blog ? Bagaimana Cara Agar Konsisten Menulis Artikel di Blog ? Reviewed by Annisa Wally on 04:06 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.