Beberapa Cara yang Bisa Dilakukan Untuk Memperbaiki Diri Menjadi Lebih Baik


Memperbaiki diri adalah salah satu cara yang bisa membuat diri kita lebih baik dari hari kemarin. Hal ini tidak terlalu sulit untuk dilakukan jika benar-benar ingin memperbaiki dirimu.

Ketahuilah semua orang pernah melakukan hal yang tidak baik dalam hidupnya.

Namun, ada yang bisa memperbaiki kesalahannya, ada yang terus berlarut-larut menyesali sehingga tanpa sadar melakukan kesalahan yang lain.

Berlahan dan bertahap aku yakin semua orang bisa memperbaiki dirinya. Termasuk kamu, dia, kita, kalian dan mereka. – InsyaAllah.

Apa saja yang bisa kita lakukan untuk memperbaiki diri kita ?

Dikutip dari laman hipwee (Rabu, 1 April 2020) ada beberapa langkah yang bisa kita lakukan untuk memperbaiki diri kita menjadi lebih baik, diantaranya :

1. Menyadari Bahwa Perubahan Butuh Usaha


Kehidupan memang akan selalu seperti itu, untuk mendapatkan sesuatu kita butuh usaha, begitu juga dalam memperbaiki diri kita sendiri. Tidak ada yang bisa mendapatkannya secara magic.

Kamu ingin benar-benar mengubah dirimu menjadi pribadi yang lebih baik kan? Ayo lakukan sesuatu untuk mendapatkan itu..


2. Memiliki Teman Berbicara


Dalam usaha memperbaiki diri akan ada dimana kamu membutuhkan teman yang bisa membantumu. 

Teman yang bisa memberimu semangat dan juga bisa memberikan masukan seperti kritik-kritik yang membangun disaat rasa putus asa mulai menganggumu.

Akan sulit jika segalanya kamu pendam sendiri. So, jujurlah dengan diri sendiri. 


Kamu bisa curhat-curhat kepadaku, meskipun aku tak bisa membantumu lebih jauh setidaknya kedua telingaku ini bisa mendengarkan apa yang menjadi beban dalam dirimu.

3. Siap Menghadapi Masalah


Jika membahas masalah tentu semua orang memiliki masalah. Jadi, selesaikan dan jangan lari. 

Untuk memperbaiki dirimu sendiri kamu butuh sebuah masalah agar kamu bisa membandingkan level perbaikan dirimu.

Tak ada masalah tanpa solusi, meskipun keputusan yang kamu ambil dan timbul masalah baru tak mengapa, daripada tak berani mengambil keputusan lalu kembali menyalahkan diri sendiri, itu justru lebih berbahaya.


4. Hargai waktumu dan konsistenlah


Jika dirimu terlalu santai dalam perbaikan dirimu. Coba sesekali catat apa yang menjadi keinginan terbesarmu untuk kamu lakukan. Memperbaiki diri dengan melakukan hal-hal yang bermanfaat itu sangat baik.

Gunakan waktumu bukan hanya untuk bersenang-senang. Lakukan sesuatu yang bisa membuatmu memiliki hasil atas perbaikikan dirimu saat ini. Konsistenlah jika dirimu ingin lebih baik lagi. 

5.Temukan Kekurangan dan Kelebihan dirimu


Semua orang memiliki kekurangan dan kelebihan atas dirinya sendiri. Jadi apa kekurangan dan kelebihanmu saat ini? 

Jika bingung, maka tanyakan kepada mereka yang mengenalmu apa yang tidak baik dan yang baik dirimu. Ambil pendapat mereka untuk menilai dirimu.

Meskipun hanya dirimu sendiri yang lebih tau. Namun, kamu butuh orang lain untuk menilai tentang dirimu dari cara mereka memandangmu. 

Yups... selain 5 diatas ada 5 cara lain yang bisa kamu lakukan. 

Dilansir dari laman dalamislam.com ada beberarapa cara untuk merubah diri menjadi lebih baik. Apa sajakah? 

1. Tekad yang Kuat


Jika ingin merubah diri, pertama tentunya Kamu harus punya tekad yang kuat. 

Sebab segala hal itu bisa terjadi karena adanya kemauan. Bila tak ada kemauan maka semua keinginan hanya menjadi fatamorgana. Oleh sebab itu, awali perubahan dengan sebuah tekad sekuat baja.

Yakinkan diri Kamu bisa mengatasi segala rintangan. Jangan menyerah dan percayalah bahwa kasih sayang Allah kepada hambaNya itu sangat luas. 


Apabila Kamu memiliki niat baik dengan tujuan mencari ridha Allah Azza wa Jalla, maka jalan Kamu juga akan dipermudah.]
“Dan orang-orang yang berjihad untuk (mencari keridaan) Kami, Kami akan Tunjukkan kepada mereka jalan-jalan Kami. Dan sungguh, Allah bersama orang-orang yang berbuat baik.” (QS.Al-Ankabut: 69)

2. Perbaiki Niat


Tak sekedar tekad, Kamu juga harus memperbaiki niat. Perubahan yang Kamu inginkan sebaiknya memiliki niatan baik. 

Tujuannya harus karena Allah Ta’ala. Sebab segala hal yang diawali dengan niat ikhlas lillahi ta’ala maka insyaAllah hasilnya akan baik.

Sebaliknya jika niat Kamu dikarenakan manusia, jangan heran jika itu hanya berlangsung sementara. Saat Kamu dikecewakan maka diri Kamu akan hancur kembali. 


Oleh karena itu, hindari berharap berlebihan kepada manusia. Ingat, tak ada tempat berskamur kecuali Sang Maha Esa, Allah Azza wa Jalla.

Dalam hadist dijelaskan:

 “Ingatlah bahwa di dalam jasad terdapat segumpal daging. Jika baik, maka baiklah seluruh jasad. Jika rusak, maka rusaklah seluruh jasad. Ketahuilah, bahwa (segumpal daging) itu adalah hati.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim) .

3. Perbanyak Bersyukur


 Kamu tidak bisa berubah jadi lebih baik jika masih sering mengeluh setiap hari. Maka itu, stop mengeluh ini itu! 

Baik itu tentang kondisi Kamu, penampilan fisik ataupun sebagainya. Berhenti membandingkan kehidupan Kamu dengan orang lain.

Sadarilah bahwa masih banyak orang yang hidupnya lebih menderita dari Kamu. Oleh karenanya, Kamu harus memperbanyak rasa syukur. 


Manfaat bersyukur kepada Allah Ta’ala sangatlah luar biasa, beberapa diantaranya yakni dosa diampuni dan dilipatgkamukann pahala.

Dalam Al-Quran dijelaskan:

“Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; 

“Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (ni’mat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (ni’mat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.” (QS.Ibrahim:7)

“Dan sesungguhnya telah Kami berikan hikmat kepada Luqman, yaitu: 

“Bersyukurlah kepada Allah. Dan barangsiapa yang bersyukur (kepada Allah), maka sesungguhnya ia bersyukur untuk dirinya sendiri; dan barangsiapa yang tidak bersyukur maka sesungguhnya Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji.” (QS.Luqman:12).

4. Jadilah Pribadi yang Gemar Membantu Orang Lain


Poin yang satu ini juga tak kalah penting. Apabila Kamu ingin menjadi lebih baik, maka Kamu juga harus baik dengan orang lain. Perbanyaklah membantu orang yang kesusahan.

Menolong tidak harus mengkamulkan uang. Salah satu cara menolong paling mudah ialah lewat doa.

Apabila Kamu sering menolong orang lain, maka saat Kamu kesusahan orang lain akan membantu Kamu. Begitupun ketika Kamu mendoakan orang lain. 


Malaikat juga mendoakan hal yang sama untuk Kamu. Jadi intinya jangan bersikap egois. Sebab sebaik-baiknya orang itu yang bermanfaat bagi orang lain.

Diriwayatkan dari Jabir berkata, Rasulullah saw bersabda,


 “Orang beriman itu bersikap ramah dan tidak ada kebaikan bagi seorang yang tidak bersikap ramah. Dan sebaik-baik manusia adalah orang yang paling bermanfaat bagi manusia.” (HR. Thabrani dan Daruquthni).

5.   Istiqomah


Ketika Kamu sedang dalam perjalanan untuk merubah diri menjadi pribadi lebih baik, biasanya ada banyak godaan yang datang. Untuk melawannya diperlukan keistiqomahan atau dikenal juga sebagai komitmen. Yakni menguatkan kemantaban hati.

Untuk menjaga istiqomah memang tidaklah mudah. Sebaiknya perbanyak berdzikir dan mendekatkan diri kepada Allah Ta’ala, sebab Dialah dzat yang membolak-balikan hati. Jadi mintalah kekuatan kepadaNya.


Yakinlah dan percaya pada diri sendiri bahwa kamu mampu untuk mengubah apa yang tidak baik dalam dirimu menjadi sosok yang baik. Bersemangatlah , semoga sukses..

Wallahu a’lam..

Sumber gambar: Pinteres
Beberapa Cara yang Bisa Dilakukan Untuk Memperbaiki Diri Menjadi Lebih Baik Beberapa Cara yang Bisa Dilakukan Untuk Memperbaiki Diri Menjadi Lebih Baik Reviewed by Annisa Wally on 06:48 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.