Mempelajari Kebiasaan Menunda yang Dikenal dengan Prokrastinasi


Tahu ngak sih kebiasaan menunda-nunda suatu pekerjaan atau tugas biasa dikenal dengan istilah prokrastinasi.

 Nah, prokrastinasi ini berasal dari dua kata yaitu dalam bahasa latin “pro” artinya forward (maju) dan “crastinus” artinya belonging to tomorrow (milik hari esok). So, prokrastinasi adalah “forward it to tomorrow yang berarti lakukan besok.

Hayoooo, siapa nih disini yang sering nunda-nunda pekerjaan? Yups, aku terkadang juga gitu ehehehhehe... 

Ada sebuah penelitian nih yang menjelaskan bahwa setiap orang pernah menunda pekerjaan mereka dari jadwal yang telah mereka tentukan sekali atau bahkan lebih.

Uduuduudu,,, yang saking parahnya nih 20% mengalami prokrastinasi kronis loh. Berdasarkan survey ditemukan sebanyak 80% mahasiswa seringkali menunda menyelesaikan tugas kuliah mereka.

Ohohoohoho hayoo ngaku ? pasti sobat pernah make prinsip ini “ otak aku encer kalau lagi kepepet” atau ini  “tiba masa tiba akal” .

Ohiya, perlu digaris bawahi juga nih sobat, meskipun prokrastinasi identik dengan penundaan, tapi jangan nganggap bahwa setiap bentuk penundaan termasuk prokrastinasi yah, loh kok?

Yups, karena gini loh.

Beberapa pekerjaan perlu ditunda untuk melakukan pekerjaan lain secara maksimal. Misalnya kalau sobat  lagi sakit sementara harus ngerjain tugas nih, jadi ketika sobat nunda tugas itu karena sakit maka, tindakan menunda sobat ngak termasuk dalam prokrastinasi yah.  Paham ?

Untuk lebih jelasnya nih, penundaan yang dimaksud prokrastinasi adalah dimana sobat sekalian menunda suatu pekerja saat bisa dikerjakan atau mencari hiburan misalnya nengok instagram berjam-jam, nonton film, chatan atau telponan end hasilnya terpaksa begadang ngerjain tugas akibat tuh tadi nunda sampe akhir waktu.

So, kesimpulannya apa?


Prokrastinasi adalah  jika seseorang  dengan sengaja menunda suatu pekerjaan karena sesuatu yang ngak penting atau bukan prioritas, yah meskipun sebenarnya dia paham sih yah harus menerima akibat penundaan tersebut.

Namun, meski tau gitu ada akibat buruknya masih tetap aja nih ada yang merasa memang harus menunda, berusaha mencari pembenaran nih yah.. ehehehe sama kek aku, asalkan bahagia dan bisa tetap bertanggungjawab atas pekerjaannya ye kan ?

Berikut beberapa alasan pembenaran yang biasa dilakukan oleh para prokrastinator :
  • Merasa masih ada banyak waktu untuk mengerjakan pekerjaan atau tugasnya.
  • Merasa hanya sedikit waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas itu.
  • Merasa lebih bersemangat ketika mengerjakan esok hari, pekan depan, bulan depan atau waktu tertentu.
  • Tugas akan makin sempurna jika dikerjakan ketika ingin mengerjakannya.
  • Pengerjaan tugas tidak akan optimal ketika berada dalam mood (perasaan) yang kurang baik (jadi statusnya menunggu mood).

Nah, dari ke lima poin diatas mana nih yang sering sobat jadikan senjata andalan?

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh peneliti Austria dan Jerman, menjelaskan bahwa “tindakan prokrastinasi sebagai sebuah bentuk kegagalan pengaturan atau regulasi diri”.

Hmm... apa yang udah jadi kebiasaan terkadang susah amat dihilangkan.

Lantas, apa saja tips yang bisa diterapkan untuk setidaknya bisa mengurangilah sedikit kebiasaan menunda-nunda ini.

So, butuh on proses step by step supaya sembuh total apalagi bagi kaum rebahan seperti aku, kamu, kalian.. ehehehehe..

Tips ini semoga bisa membantumu yah para prokrastinator :

1.    Manajemen Waktu 



Sekedar mengurangi tundaan pekerjaan atau tugas, buatlah dan pahami cara kerja waktu sobat sendiri. 

Dalam 24 jam aturlah waktu agar lebih efisien, misalnya nih berapa lama waktu yang akan sobat pake untuk rebahan, berapa lama untuk rebahan lagi, dan kapan harus beri waktu sobat untuk rebahan hohoohoho.

Penelitian membuktikan keberhasilan mencegah penundaan disebabkan berhasilnya seseorang dalam mengatur waktunya untuk meningkatkan keyakinan dirinya.


2.    Yakin pada Diri Sendiri


Jika kurang yakin yah bisa menjadi sebab sobat akan selalu tunda terus pekerjaan dan menyepelehkan hal-hal yang sebaiknya dilakukan tepat pada waktunya sih. 

Ada nih sebuah studi menjelaskan seseorang bisa mengurangi perikaku prokrastinasinya dengan keyakinan yang ada dalam dirinya sendiri. 

3.    Urut Prioritas


Ehe, urut disini bukan pijat-pijat loh, maksudanya susun apa yang menjadi prioritas sobat. Catat setiap kegiatan penting yang harus sobat selesaikan setiap hari.

Nah, setelah mencatat silahkan sobat susunan berurutan kegiatan yang paling penting hingga yang tidak terlalu penting. Hal ini akan membantu sobat untuk lebih bisa mengatur waktu dan fokus menyelesaikan satu persatu.


4. Ingat Tujuan Awal

Jangan lupa apa tujuan awal sobat sejak menyadari bahwa sikap menunda-nunda itu tak baik.  Sobat ingin berubah untuk memaksimalkan setiap waktu agar tak terbuang atau terlalu santuy kan?

Yups, maka dari itu jangan lupakan tujuan awal sobat yah..


5.    Sadar Diri


Ingatkan diri sobat  terus menerus ketika terlalu terlena dalam posisi rebahan yang mantap .

ududududu, saat itu coba ambil moment tuk segera bangkit dari keterlenaan itu. Ingat pada resiko apa yang akan sobat terima jika menunda suatu kegiatan atau pekerjaan.

Nah, usahakanlah untuk selalu sadar dan mempertimbangkan segala resiko dari prokrastinasi.

Demikianlah beberapa tips yang semoga bisa membantu sobat wahai kaum rebahan yang suka nunda-nunda. Tak mudah sih sebab itu tadi, sudah menjadi kebiasaan diri. Pernah dengar kata mutiara ini ?

“Musuh yang sebenarnya bukan ada diluar sana, tetapi ada dalam dirimu sendiri”

Semoga bermanfaat, mari sama-sama memulai hal-hal baik. Optimislah ..

Wallahu a'lam.. 

Referensi (Selasa, 14 April 2020) :

IG: @biropsikologidinamis

https://pijarpsikologi.org/9-tips-atasi-perilaku-menunda-tugas/

https://pijarpsikologi.org/prokrastinasi-dan-regulasi-diri/

Sumber gambar : pinterest
Mempelajari Kebiasaan Menunda yang Dikenal dengan Prokrastinasi Mempelajari Kebiasaan Menunda yang Dikenal dengan Prokrastinasi Reviewed by Annisa Wally on 06:42 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.