Untuk Kamu yang Sering Dikatain “Bodoh, Oon, Goblok, Bego ”, Yuks Ambil 5 Sisi Positifnya



Kehidupan manusia akan terus seperti itu, tidak ada sudut pandang yang benar-benar sama. Manusia bebas mengungkapkan apa yang ingin mereka katakan.

Namun, ada yang memahami cara menyampaikan, ada yang langsung nyosor gitu aja tanpa peduli kata-kata yang akan diucapkan menyakiti atau tidak.

Aku pribadi sering kali dikatain begitu, entah ketika saat melakukan kesalahan atau karena memang akunya yang tidak disukai. Hohohoho.. atau malah emang beneran aku bodoh. ehe

Tahukah bahwa dari omongan itu kamu bisa mengambil manfaatnya loh.  Nah, kok bisa sih?

Lantas, apa manfaatnya? Nyok langsung aja kita terjun..

1.Pemicu Semangat


Kata-kata bodoh, oon, bego, bodoh yang dikatain ke kamu mungkin memang sangat menyakiti hatimu terus perasaanmu jadi ngak enakan endingnya kamu kesal, jengkel, trus marah.

Eiiiitssss... namun, jangan hanya gara-gara omongan orang kamu malah membodohi diri sendiri.

Picu semangatmu kembali. Apa yang dikatakan orang lain tak begitu benar, sebab kamu sendiripun punya cara tersendiri untuk menilai diri, toh kamu yang tau pintar atau bodohnya dirimu. Ehehhehe

2.Jangan Jadiin Diri Bodoh Beneran


Pas dikatain gitu mental kamu jadi turun, semangat hancur amburadul. Mau melakukan ini itu jadi ngak bisa, jadinya patah semangat. Endingnya pesimis deh.

Ngak usah diambil sampe didasar lubuk hati yang paling dalam ah. Kamu pinter kok. Coba pikir deh. Mana ada nih oran pintar yang ngatain orang bodoh?

Orang pintar tau cara memainkan kata, memposisikan kata. Iya, jika memang mereka pinter cerdasnya ehehehehe.... 

So, jangan jadiin diri bodoh beneran hanya gara-gara omongan orang yah..

3. Nasehat Diri


Seharusnya ini bisa menjadi nasehat bijak untuk diri sendiri. Mungkin, memang kita ditegur melalui orang-orang yang ngatain kita karena diri kita mulai sombong atau mulai meremehkan orang lain.

Ambil omongan itu sebagai nasehat diri agar terus belajar lagi dan lagi.

4.Membuktikannya


Ududududu... tak ada yang bisa menghentikanmu ketika rasa amarah, jengkel, sakit hatimu setelah dikatain seperti itu menjadi sebuah tindakan yang membuktikan dirimu adalah orang bodoh yang dikenal.

Ohiya, jika memang kamu bodoh, maka jadikan kebodohan, ke oonan, ke goblokan itu menjadi sesuatu yang membuatmu bermanfaat bagi orang lain. Buktikan bahwa orang bodoh akan jauh lebih bisa dibandingkan orang yang merasa dirinya pintar.

5.Berterima Kasih


Daripada membalas dengan ucapan yang sama, lah.. lantas apa yang membedakan kamu dengan dirinya?

Ejekan dilawan ejekan, ududuudu bisa jadi bumerang malah perang nanti, saling memaki, berujung maut, mau? Ngak kan yah.. nauzubillah

Diam aja sambil memaknai apa maksud kata yang tersirat dari ucapan yang dilontarkan kepadamu. Bodoh, goblok, oon, atau stupid, dan ungkapan lainnya.

Ambil santuy aja yah.. meski kadang sakit hati dengarnya sih. Tapi, jangan hanya gara-gara omongan orang kamu jadi bodoh beneran. Hehhehe

Sedikit cerita pribadi yang semoga bisa memberikan motivasi.


Cerita Pribadi Pertama




Waktu daftar kuliah milih jurusan didalam kota, aku lakuin daftar sendiri tanpa tanya ke orang tua, dan kakak-kakak. Pas ditanya keluarga, sontak mereka mengatakan “kenapa ngak daftar diluar kota ?” lantas aku jawab, “ngak tau juga sih, ngak kepikiran buat kuliah jauh”.

“kamu bodoh sih, ngak tanya-tanya kakak dulu yang lebih berpengalaman.”

Nah tu kan, alhasil meski lulus dalam kota, dikirim keluar tuk lanjut kuliah. Pas kuliah bisa ambil dua jurusan dan alhamdulillah lulus serentak keduanya ditahun yang sama.

Hikmahnya : Yah, jangan karena kamu dikatain bodoh trus ta kandas atau terhenti begitu aja, tanpa ada pembalasan nyata yang buat mereka bangga sama kamu.



Cerita Pribadi Kedua 


 

Saat kuliah mau isi absen, dimana saat itu  Bu dosen bilang “absennya sampe sini yah”, karena aku suka duduk paling depan nih. Lah aku yang duluan tanda tangan tu absen. Sontak Bu Dosen bilang, “kamu bodoh atau gimana sih, tadikan sudah dibilang tanda tangan dari sini sampe sini”.

Teman sekelas semua tertawa aku dikatain gitu. Lah, aku liat sendiri, temen disamping aku juga liat Bu Dosen nunjuk dari sini sampe sini tanda tangan. Ujung-ujungnya nyalahin aku (gumam dalem hati). Sakit hati sih, hanya yah mau diapain dah terlanjur.

Namun, tau ngak? Saat itu aku berdoa semoga kata bodoh ini suatu saat bisa menjadikan aku sukses dan berhasil nyelesaikan kuliah dengan baik.

Alhamdulillah, Tuhan mengabulkan doa dalam hatiku itu. Jadi salah satu lulusan terbaik, dan Bu Dosen yang ngatain tadi bilang sambil salaman ke aku “Selamat yah nak”.

Hikmah : Meski diketawain, meski diremehin, meski di omongin kamu bodoh. Yah, jangan percaya aja, selama kamu bisa melangkah maju, buktikan dan doakan kebaikan kepada mereka. So, santuy.



Cerita Pribadi Ketiga


 

Diajak jadi guru honorer dikampung, ngajar dengan memberikan yang terbaik insyaAllah. Disaat itu ada momen dimana seharusnya libur, sempat pemberitahuan guru-guru ngak diliburkan. Lah, pas masuk ngajar lagi seru-serunya.

Disampaikan libur, siswa disuru pulang. Saking sukanya sama pelajaran, mereka ngak mau pulang, pengen lanjutkan aja dulu sampai selesai.

Esok harinya, salah satu murid cerita “Miss, masa orang tua ini bilang, bodohnya itu gurumu.” Spontan aku jawab “klu miss bodoh kenapa mereka ijinkan ngajar kalian”. Eeee pas aku keluar (resign) orang tua mereka bilang “disini saja ajar anak-anak kami”.

Hikmah : terkadang meski kata bodoh tidak bermaksud menyakiti tapi tetap aja kata bodoh yang dikatakan ke orang lain membuat paling tidak perasaannya tidak enak. Hohohoho... santuy aja ye kan...



Cerita Pribadi Keempat


 Aku kan nulis blog, dimana dalam blog artikel bebas tu yah. Salah satu artikel yang ku sajikan dikomentari kek gini “ Ngak guna, ngak usah buat artikel goblok”. Aku bales “terima kasih telah berkunjung meski tidak berguna, semoga hidup kamu berguna yah, salam sukses”.

Nge upload ke WA, temen-temen pada komen dan kasih semangat buat jangan berhenti nulis. Aku sih emang ngak lantas cepat down .. sebab kalian dah tau kata bodoh, goblok, oon, atau sesama itu dah sering dikatain ke aku. So, dah kebal lah... hihihihii..

Hikmah: Udah jangan dengerin, eee dengerin aja tapi ngak boleh kesal kelamaan. Jadikan sebagai pemicu dan bara agar api semangat bisa terus terbakar. Masa gara-gara kata secuil itu nyerah dan pesimis. Uduududud, ngak segampang itu fergusso... 


Jadi, apa yang bisa kamu ambil dari tulisan kali ini ?


Hidup bisa menjatuhkanmu, tapi kamu bisa memilihnya. Jatuh atau bangkit kembali.

Sebagai penutup paling akhir tulisan ini. Yuuk sama-sama kita berbenah diri untuk meletakkan kata yang seharusnya dimana terletak. Ada perasaan orang-orang yang perlu kita jaga, bahkan jika kita ingin menasehati merekapun ngak perlu menghina atau melontarkan kata-kata yang mengiris perasaan.

Terdengar sepeleh bagimu namun ada sebagian orang yang tidak bisa meremehkan kata apapun yang didengarnya. So, mari saling menghargai  yah...

Wallahu a'lam...

Sumber gambar : pinterest
Untuk Kamu yang Sering Dikatain “Bodoh, Oon, Goblok, Bego ”, Yuks Ambil 5 Sisi Positifnya Untuk Kamu yang Sering Dikatain “Bodoh, Oon, Goblok, Bego ”, Yuks Ambil 5 Sisi Positifnya Reviewed by Annisa Wally on 05:57 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.