Kulit Wajah Berjerawat dan Kusam Padahal Di Rumah Aja? Ini Nih Penyebabnya dan cara merawatnya !

Hayooo, siapa nih yang lagi stay at home tapi jerawat malah berkeluyuran diwajah ? selain jerawatan kulit wajah juga terlihat kusam.

Meski dirumah aja sekiranya kita bisa lebih merawat diri terutama kulit wajah. Ada beberapa yang curhat dimedia sosial, mereka mengeluh wajah mereka jerawatan, kulit wajah kering, bintik hitam, kusam  padahal ngak keluar rumah, hmm... sebenarnya sih saya juga mengalami hal yang sama ehehhehe...

Nah, oleh karena itu saya mencari tahu apa yang menyebabkan jerawatan padahal adem-adem dirumah. Dikutip dari laman fimela.com menjelaskan bahwa kulit bisa tetap mengalami kerusakan meski berada didalam rumah karena :

1. Jerawat


Para ahli dermatologi menjelaskan stres menjadi pemicu yang cukup kuat untuk kondisi kulit inflamasi. Seperti eksim, psoriasis, dan jerawat. Jadi, tidak mengherankan ketika ada lebih banyak orang yang merasa terjadi peningkatan jerawat dari biasanya. Salah satu cara terbaik untuk mengurangi jerawat adalah dengan perawatan, meditasi, hingga olahraga agar tubuh terasa lebih santai dan fokus kembali.

Sementara itu, dr. Sam Bunting menyebutkan bahwa makanan manis dan alkohol berkontribusi pada kerusakan kulit. Pastikan kamu tetap mendapat hidrasi dan makan-makanan yang sehat.


Daripada merasa tertekan dengan terus-terusan berada di rumah, kamu bisa memanfaatkan waktu yang lebih senggang untuk facial di rumah. Sehingga memberikan nutrisi tambahan bagi kulit. Pemijatan selama lima menit setiap malam akan memberikan efek relaksasi yang berdampak baik juga pada kesehatan mental.


Tidak perlu menggunakan bahan yang rumit. Kamu bisa menggunakan bahan-bahan yang ada di lemari dan dapur untuk melakukan perawatan kulit. Seperti madu, teh hijau, kunyit, yogurt probiotik, dan buah beri.


2. Kekurangan vitamin D

Tentu, dengan berada di rumah akan membawa dampak positif bagi kulit. Seperti terhindar dari polutan dan sinar UV yang merusak kulit. Di sisi lain, kulit dapat mulai terlihat layu karena kekurangan vitamin D.

Vitamin D berperan dalam perlindungan dan peremajaan kulit. Ia diaktifkan di kulit oleh sinar UVB dan dibuat dalam bentuk kalsitriol dan vitamin D. Kedua kandungan ini berperan pada pertumbuhan, perbaikan, dan metabolisme sel kulit. Ia juga akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu menghancurkan radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini.


3. Penumpukan sel kulit

Ketika berada di rumah akan membuat seseorang agak malas merawat diri. Namun jangan lupa bahwa penumpukan sel kulit mati tetap terjadi meski kamu berada di rumah.

Mumpung sedang berada di rumah, manfaatkan waktu untuk melakukan eksfoliasi dengan benar. Kamu bisa menggunakan eksfoliasi fisik menggunakan scrub seminggu sekali. Bisa juga melakukan eksfoliasi kimia dengan konsentrasi AHA/BHA setiap malam untuk membantu kulit mengalami pergantian yang sehat.


BACA JUGA :  Cek Sendiri, Ini Nih Tanda-tanda Kulitmu Tetap Awet Muda !

Gimana sudah jelaskan apa penyebab kamu jerawatan padahal dirumah aja? 

Selanjutnya mari kita cari tau bagaimana cara merawat wajah yang berjerawat dengan bahan alami ? 

Dilansir dari laman fimela.com cara merawat kulit berjerawat diantaranya adalah :

1. Menggunakan uap


Uap air panas mampu membuka pori-pori yang tertutup sehingga kulit bisa bernapas. Sehingga kotoran yang terperangkap dalam pori-pori dapat keluar.

Caranya:

Isi suatu wadah dengan air panas, lalu letakkan wajah kamu di atas wadah tersebut. Lakukan selama 5 menit. Lakukan dengan rutin menguapi wajah setiap hari terutama menjelang tidur agar kotoran selama seharian penuh dapat keluar.

2. Menggunakan es batu

Sama halnya meletakkan es batu pada luka lebam, hal tersebut bekerja serupa pada jerawat. Es batu dapat meningkatkan sirkulasi darah. Bila peredaran darah lancar dapat membantu menghilangkan jerawat membandel.

Caranya:

Ambil es batu secukupnya, bungkus dengan kain bersih. Lalu letakkan pada jerawat membandel selama beberapa detik. Lakukan secara rutin sampai jerawat terlihat mengempis.

3. Cara menghilangkan jerawat secara alami dengan masker cuka sari apel

Apel adalah buah yang kaya akan vitamin, mineral, serta serat tinggi. Karena itu apel bisa digunakan sebagai bahan dasar cuka apel. Cuka apel memiliki kandungan asam asetat yang tinggi dan anti mikroba.

Caranya:

Tuang cuka apel pada kapas lalu oleskan pada wajah secara merata. Diamkan selama 20 menit dan kemudian bilas dengan air hangat. Ingin hasil yang lebih maksimal? Lakukan sebelum tidur dan biarkan semalaman.

4. Cara menghilangkan jerawat secara alami dengan masker alpukat dan dan madu


Alpukat mengandung banyak vitamin E yang mampu menembus pori-pori kulit sehingga bisa meredakan peradangan pada kulit. Sedangkan madu mengandung hidrogen peroksida yang bersifat anti-bakteri. Dengan menggabungkan kedua bahan mampu digunakan sebagai cara menghilangkan bekas jerawat secara alami dan cepat.

Caranya:

Ambil setengah bagian alpukat, tumbuk hingga halus, tambahkan 1 sdm madu. Aplikasikan pada wajah yang telah bersih. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat.

5. Cara menghilangkan jerawat secara alami dengan masker yogurt dan madu

 Dalam Yogurt terdapat kandungan bakteri baik, asam laktat, dan asam alfa hidroksi yang dapat membantu menghilangkan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.
 

Caranya:

Campurkan 1 sdm madu dan 2 sdm yogurt, aduk hingga rata. Oleskan pada wajah. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat.

6. Cara menghilangkan jerawat secara alami dengan masker lemon


Buah Lemon mengandung asam askorbat-L yang dapat mengurangi masalah peradangan pada kulit wajah yang berjerawat dan juga dapat membersihkan pori-pori wajah yang tersumbat. Lemon juga dapat mencerahkan wajah kamu dan menghilangkan noda bekas jerawat.

Caranya:


Ambil 1 buah lemon, potong menjadi dua bagian lalu peras. Oleskan pada wajah. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat. Kamu juga dapat menambahkan 1 sdm madu ke dalamnya.

7. Cara menghilangkan jerawat secara alami dengan masker jeruk Nipis



Jeruk nipis memiliki efek dan khasiat yang hampir sama dengan buah lemon.

Caranya:

Potong jeruk nipis jadi dua bagian, lalu peras. Campurkan dengan 2 sdm madu. Oleskan pada wajah. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat.

8. Cara menghilangkan jerawat secara alami dengan masker pisang dan kunyit

Buah pisang mengandung banyak antioksidan, potasium, dan vitamin E. Kandungan tersebut akan lembabkan dan mencerahkan wajah . Kandungan Lektin yang ada pada pisang juga dapat membasmi bakteri penyebab jerawat. Pada kunyit terkandung kurkuminoid yang berkhasiat untuk mengobati kulit wajah yang meradang.

Caranya:


Haluskan 1 buah pisang, lalu tambahkan 1/2 sdm bubuk kunyit dan 1/2 sdm soda kue Aduk hingga rata. Aplikasikan pada wajah yang sudah bersih. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat. Jangan lupa untuk memakai pelembap setelah memakai masker ini, jika kamu merasakan wajah menjadi kering.

9. Cara menghilangkan jerawat secara alami dengan masker tomat

Buah Tomat mengandung banyak vitamin A dan C, yang ampuh dan manjur untuk membasmi jerawat yang membandel. Ada dua cara menggunakan tomat sebagai masker.

Cara pertama:

Iris tipis-tipis tomat lalu tutupi wajah dengan irisan tomat.


Cara kedua:

Blender 1 buah tomat lalu aplikasikan pada wajah. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat.

10. Cara menghilangkan jerawat secara alami dengan masker lidah buaya

Daun Lidah buaya mengandung senyawa aktif, yaitu polifenol. Polifenol berguna sebagai anti-bakteri. Senyawa ini dapat membantu menghilangkan jerawat.

Caranya:

Iris lidah buaya hingga tinggal dagingnya. Haluskan dengan sendok hingga membentuk gel. Lalu oleskan pada wajah. Diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air hangat. Jika dilakukan secara rutin, jerawat pun akan berangsur hilang.

11. Cara menghilangkan jerawat secara alami dengan masker mentimun

Mentimun mengandung kadar air yang tinggi juga terdapat vitamin A,B, dan C. Juga memiliki kandungan mineral yaitu magnesium, kalium, mangan, dan silika. Mentimun memiliki sifat diuretik, efek pendingin, dan pembersih bagi wajah. Karena itu mentimun bisa digunakan untuk membasmi jerawat membandel. Cara Pengaplikasiannya hampir sama dengan tomat.

Cara pertama:


Iris tipis-tipis mentimun lalu letakkan pada wajah.

Cara kedua:

Blender 1 buah mentimun sampai menjadi jus. Lalu oleskan pada wajah. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat.

12. Cara menghilangkan jerawat secara alami dengan masker putih telur
 

Pada putih telur terkandung enzim lysozim yang dapat menghancurkan dinding sel bakteri penyebab jerawat dan juga mengecilkan pori-pori kulit serta mampu mengurangi minyak berlebihan yang merupakan penyebab jerawat. Untuk mengatasi bau putih telur yang sedikit amis. Kamu boleh menambahkan perasan jeruk nipis atau lemon.

Caranya:

Ambil sebutir telur lalu pisahkan kuning dan putihnya. Kocok putih telur hingga mengembang, lalu campurkan 1 sdm air perasan jeruk nipis. Oleskan pada wajah secara merata. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat.

Demikianlah penyebab mengapa kamu jerawatan meski stay at home, dan cara merawat wajah jerawatmu dengan masker-masker alami. Semoga bermanfaat..


Wallahu a’lam.. 


Referensi :

https://www.fimela.com/beauty-health/read/4240029/di-rumah-aja-tapi-kulit-berjerawat-dan-kusam-ini-penjelasannya

https://www.fimela.com/beauty-health/read/3852525/cara-menghilangkan-jerawat-di-wajah-secara-cepat-dan-alami

Gambar : pinterest

1. https://id.pinterest.com/pin/661888476463627646/
2. https://id.pinterest.com/pin/540713499015026766/
3. https://id.pinterest.com/pin/135459901280333027/
4. https://id.pinterest.com/pin/821766263247159474/
5. https://id.pinterest.com/pin/737534876465900205/
6. https://id.pinterest.com/pin/415808978082227788/
7. https://id.pinterest.com/pin/703898616744869022/
8. https://id.pinterest.com/pin/539095017894847476/
9. https://id.pinterest.com/pin/825143962948295022/
10. https://id.pinterest.com/pin/407505466253609643/
11. https://id.pinterest.com/pin/820147782121246553/
12. https://id.pinterest.com/pin/831617887425009010/
13. https://id.pinterest.com/pin/569142471664357395/
14. https://id.pinterest.com/pin/712835447248620320/
15. https://id.pinterest.com/pin/596375175646405303/
Kulit Wajah Berjerawat dan Kusam Padahal Di Rumah Aja? Ini Nih Penyebabnya dan cara merawatnya ! Kulit Wajah Berjerawat dan Kusam Padahal Di Rumah Aja? Ini Nih Penyebabnya dan cara merawatnya ! Reviewed by Annisa Wally on 06:20 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.