Tak Disadari Hal-Hal Sepele Inilah Yang Akan Membuatmu Jatuh Kejurang Kehidupan !


Terkadang sadar atau tidak sadar kita melakukan hal-hal yang sebaiknya tak dilakukan. Sebab, akan memberikan beberapa dampak buruk dalam kehidupan kita.

Sesekali renungkanlah apa yang sebenarnya kekurangan yang ada dalam diri?

Hal-hal apa saja yang membuat kita melakukan atau melakukan beberapa kali kesalahan dalam permasalahan yang sama ?

BACA JUGA : Tips Kemandirian Diri : Menjalani Hidup Dengan Mandiri

Lantas, apa hal-hal yang membuat kita terlampau jauh melangkah dalam sebuah kesalahan sendiri ?


Nah, ada beberapa hal yang sering kita sepelehnyakan. Namun, memiliki dampak yang besar bagi kita, terutama bisa membuat kita jatuh kedalam jurang kehidupan, apa sajakah itu ?

Berikut hal-hal sepeleh yang bisa membuatmu jatuh kejurang. Saya kutip dari medsos IG : bisnisdigital_  yaitu :

1. Ego yang Besar

 Ego adalah pengendali utama atas cara kerjanya kepribadian yang menjadi pembeda antar manusia. Manusia bisa memiliki kepribadian yang berbeda sebab terdapat dinamika di antara id dan superego. Sehingga ego harus bekerja berdasarkan prinsip keseimbangan. 

Mengatur kapan harus marah (mengeluarkan karakter id) dan kapan harus patuh pada peraturan (mengeluarkan superego). Untuk dapat mengasah ego itu sendiri sebenarnya kita manusia telah diberikan akal budi untuk menalar dan mengatur keduanya. Sehingga kita hanya perlu mengasahnya lebih sering.

Jadi, jika kamu memiliki ego yang besar akan berdampak pada diri dimana akan lebih tamak, atau sombong, dan tidak menghargai orang lain, selalu merasa benar dan sebagainya. 


2.Teman yang Buruk

 Rasulullah  menerangkan bahwa teman dapat memberikan pengaruh negatif ataupun positif sesuai dengan kebaikan atau kejelekannya. Beliau  menyerupakan teman bergaul atau teman duduk yang baik dengan penjual minyak wangi.

Dalam sebuah hadits yang shahih disebutkan:

“Permisalan teman duduk yang baik dan teman duduk yang jelek seperti penjual minyak wangi dan pandai besi. (Duduk dengan) penjual minyak wangi bisa jadi ia akan memberimu minyak wanginya, bisa jadi engkau membeli darinya dan bisa jadi engkau akan dapati darinya aroma yang wangi. Sementara (duduk dengan) pandai besi, bisa jadi ia akan membakar pakaianmu dan bisa jadi engkau dapati darinya bau yang tak sedap.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

So, perhatikan dengan siapa kamu berteman, berhati-hatilah ..


3.  Pikiran Negatif


Jangan remehkan efek pikiran. Ya, karena tanpa sadar penyebab paling sederhana dari kegagalan maupun keberhasilan yang kamu alami itu berkat pengaruh dari pikiran kamu sendiri.

Jadi, ketika pikiran kamu dipenuhi oleh hal-hal yang ‘berbau’ negatif, lambat laun itu akan memunculkan stres yang akhirnya malah mengacaukan apa yang sedang kamu jalani.

Mudahnya begini, pikiran negatif itu sama saja seperti ketika kamu berbicara dengan diri sendiri. Namun di sini, kamu tidak sedang menyemangati atau mendorong diri kamu untuk terus maju. Sebaliknya, kamu justru menyalahkan dan meremehkan kemampuan yang kamu miliki.

So, yuk mari belajar untuk mengendalikan pikiran negatif mulai dari sekarang, sejatinya kamu berhak memilih  apakah pikiran negatif lebih mendominasi ataukah pikiran positif untuk mengendalikan dirimu. Kamu bisa kok, percayalah.. 


BACA JUGA : Beberapa Cara yang Bisa Dilakukan Untuk Memperbaiki Diri Menjadi Lebih Baik

4. Terlalu Memikirkan Omongan Orang Lain
Sekalipun hanya hal kecil, jika kamu terlalu memikirkan perkataan orang lain, maka hal itu bisa memicu stres dan akan mengganggu segala aktivitasmu. Perkataan orang lain itu akan membuat dirimu semakin tidak percaya diri saja.

Mendengarkan orang lain perlu juga karena pendapat itu kemungkinan bisa membantu dirimu untuk berubah dan mendapatkan cahaya terang yang selama ini kamu cari. Tetapi, terlalu membebani diri dengan perkataan orang lain yang disampaikan padamu pun tak semudah itu dihilangkan. Kamu pasti akan memiliki lebih banyak pikiran dan itu bisa memicu stres.

So, jangan terlalu pusingkan omongan orang yah, toh kamu adalah kamu dengan dirimu sendiri, dimana kamu lebih mengetahui dirimu dari pada mereka. Iyakan apa iya bener?


Ehhehhehe... santuy tapi berbobot..


BACA JUGA : Untuk Kamu yang Sering Dikatain “Bodoh, Oon, Goblok, Bego ”, Yuks Ambil 5 Sisi Positifnya

5.  Terlalu Materialistis


Materialis adalah hidup yang mencari dasar segala sesuatu berlandaskan kebendaan semata, dengan mengesampingkan segala sesuatu yang bersifat non materi seperti cinta,roh & jiwa. Atau yang lebih kita kenal dengan sebutan Matre arti non formal yang lebih di mengerti adalah watak seseorang yang mengutamakan materi di atas segala nya untuk kebahagiaan dirinya sendiri.

Sifat Matre yang berujung konsumerisme berlebihan atau boros yang berlebihan adalah sifat yang tidak baik apalagi sampai merugikan diri sendiri, misalnya seperti berbelanja barang barang mahal yang tidak dibutuhkan. So, hati-hati loh yah ...



6. Kecanduan Hal yang Tidak Sehat


 Kecanduan terhadap sesuatu ternyata termasuk masalah kesehatan yang mesti diwaspadai. Memang, paling banyak kasus kecanduan terjadi akibat penggunaan obat-obatan atau minum beralkohol.

Kecanduan adalah kondisi seseorang mengalami kehilangan kontrol terhadap apa yang dia lakukan – disebabkan karena keinginan kuat atau kegemaran terhadap suatu hal – dan terjadi pada waktu yang lama. Orang yang memiliki kecanduan tidak mempunyai kendali  atas apa yang mereka lakukan, gunakan atau konsumsi terhadap suatu hal yang mereka jadikan candu.

Kecanduan tidak hanya terjadi pada benda-benda fisik yang dapat kamu konsumsi saja, ternyata menurut para ahli banyak jenis kecanduan terhadap suatu perilaku yang mungkin kamu tidak sadari.


Kondisi kecanduan yang terjadi pada seseorang dapat menimbulkan dampak buruk bagi kesehatannya, terutama kesehatan psikologis. Bukan tidak mungkin kecanduan menyebabkan perilaku, kebiasaan, bahkan fungsi otak berubah.

Itulah beberapa hal yang bisa membuatmu salah arah dalam kehidupan. Semoga kita semua bisa menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya yah. Tak ada kata terlambat kok selama jasad masih bersama raga.

Yuks lakukan perubahan dan mulai berbenah diri dari sekarang.. Kamu bisa kok, InsyaAllah. Bersemangatlah dan jangan lupa untuk bersyukur.


Wallahu a'lam..

Referensi : 

https://greatmind.id/article/memahami-ego-dalam-diri
https://hellosehat.com/hidup-sehat/psikologi/penyebab-kecanduan-umum/
https://asysyariah.com/hati-hati-dari-teman-yang-buruk/
https://www.winnetnews.com/post/apakah-kamu-termasuk-orang-yang-materialis
https://hellosehat.com/hidup-sehat/psikologi/mengatasi-efek-pikiran-negatif/
https://satujam.com/mikirin-omongan-orang/
https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/penyebab-kecanduan-dan-prosesnya/

Gambar : Pinterest

https://id.pinterest.com/pin/344806915217038753/
https://id.pinterest.com/pin/659284832936277155/
https://id.pinterest.com/pin/634937247454110434/
https://id.pinterest.com/pin/288089707401395203/
https://id.pinterest.com/pin/805581452082625113/
https://id.pinterest.com/pin/711428072372001747/
Tak Disadari Hal-Hal Sepele Inilah Yang Akan Membuatmu Jatuh Kejurang Kehidupan ! Tak Disadari Hal-Hal Sepele Inilah Yang Akan Membuatmu Jatuh Kejurang Kehidupan ! Reviewed by Annisa Wally on 19:32 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.