WAJIB MILIKI 4 HAL PENTING INI UNTUK MENJADI DIRI SENDIRI

Bagaimana cara menjadi diri sendiri?

Aku, kamu, dia, kita... setiap orang memiliki sisi-sisi tersendiri dalam diri. Jangan gampang mengenal rasa hanya dari ekspresi yang terlihat. Kamu tak akan tau apa-apa tentang itu. Namun, kita hanya butuh satu cara yaitu mengenal diri kita sendiri lebih jauh. Menjadi diri sendiri. 

Ada dua jenis kebahagiaan. Menurut Aristoteles–seorang filsuf Yunani kuno–kebahagiaan tersebut adalah kebahagiaan hedonic dan kebahagiaan eudemonic.

Kebahagiaan hedonic dimaknai sebagai kebahagiaan yang menimbulkan rasa senang. Sedangkan kebahagiaan “lain” di luar itu disebut sebagai kebahagiaan eudemonic. Contohnya adalah ketika seseorang sukses mencapai cita-citanya. Salah satu cara untuk mencapai kebahagiaan Eudamonic adalah dengan menjadi diri sendiri.

1.  Tidak membandingkan diri dengan orang lain


 Terima dirimu apa adanya, sebab ketahuilah setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Cobalah untuk mengamati hal-hal dalam diri jika banyak kekurangan cobalah untuk melihat kelebihan diri. Wajar saja jika melihat orang lain bisa melakukan sesuatu sedangkan kamu tidak. Namun, pahamilah kamu bisa melakukan hal lain yang tidak bisa dilakukan orang lain.

 Percaya dirilah akan kemampuan dirimu sendiri,sebab jika kurang percaya diri maka, kamu akan selalu menganggap hidup orang lain selalu bahagia dan lebih baik darimu. Padahal setiap orang memiliki takdir kehidupan yang berbeda-beda yang tentunya punya kelebihan dan kekurangan diri.

2.   Tanyakan dan kenali diri sendiri

 Cobalah untuk meluangkan waktu sendiri sejenak. Berpikir dan tanyakan apa yang sebenarnya diinginkan dalam kehidupan ini.

 Jika ingin menjadi diri sendiri maka, kenali diri, bertanyalah tentang apa kekuatan dan kelemahan diri sendiri, apa yang kamu sukai dan tidak sukai, bagaimana berkomunikasi dengan orang-orang, apa yang membuatmu senang atau bahagia, dan kehidupan seperti apa yang kamu inginkan. 

Dengan mengenali diri sendiri maka, kamu bisa melakukan hal-hal apa dan tidak perlu untuk dilakukan. Bisa lebih fokus dan juga bisa memahami diri sendiri lebih jauh.

3.  Cermati perkataan orang
 
 Bukan hanya kamu, saya juga sering kali mendapat komentar-komentar yang terkadang mengiris hati. Perkataan mereka kadang membuat kamu merasa sedih dan meremahkan diri sendiri, mengkhawatirkan apa yang seharusnya tak perlu dikhawatirkan itulah mengapa sebagian dari kita akan mengambil langkah untuk berpura-pura menjadi diri sendiri.

Cobalah untuk mencermati perkataan itu, dibalik kata-kata yang menyakitkan orang lain tersimpan makna yang tak tersirat didalamnya. Misalnya : "kamu malas", ambil hikmahnya menjadi sebuah teguran untuk diri agar bisa mnejadi pribadi yang rajin. Namun ingat, jika kamu sudah berusaha yang terbaik untuk kehidupan ini, pahami bahwa akan selalu ada komentar-komentar dari orang-orang diluar sana. Jangan khawatirkan itu dan pusingkan sebab kamu lebih mengetahui jauh tentang dirimu daripada mereka. 

Kamu juga tidak bisa mengendalikan pikiran mereka, hanya saja kamu bisa membuktikan apabila ada komentar-komentar miring tentangmu bahwa apa yang mereka ucapkan tidaklah benar. Ingatlah kamu tak akan pernah bisa menyenangkan hati semua orang. Lakukan apa yang ingin kamu lakukan asal jangan keluar dari koridor agama. Senangkan dirimu, dan percaya dirilah.
 
4.Fokus dan lakukan apa yang bisa kamu lakukan

Untuk menjadi diri sendiri juga adalah fokus pada tujuanmu. Apa yang paling ingin kamu lakukan? misalnya menjadi penulis terkenal, maka kamu bisa berfokus kepada tujuan-tujuanmu itu. Tapi, ingatlah setiap proses harus melewati berbagai macam hambatan atau rintangan begitulah kehidupan.
 
Ohiya, syukurilah apa yang sedang kamu lakukan saat ini, wajar saja jika setiap tindakan atau pekerjaan akan ada rasa ragu dalam diri, itu wajar. 

Ingatlah pada poin sebelumnya, cukup cermati kata orang. Sukai apa yang kamu lakukan selagi itu bukan sesuatu yang membuatmu merusak diri. Cintailah apa yang kamu lakukan. Sebab hal ini bisa membuatmu lebih percaya diri dan mmenjadi diri sendiri.

Demikianlah 4 hal penting agar menjadi diri sendiri, meski awalnya susah tapi tak ada salahnya mencoba. Coba dulu semoga berlahan-lahan kamu bisa memahami apa yang sebenarnya kamu inginkan, dan apa yang menjadi tujuan dalam hidupmu. 

Jangan lupa, Selain dari sudut pandang psikologi, dalam sudut pandang agama pun sudah diajarkan tentang fitrah diri, larangan meniru suatu kaum tertentu, dan larangan untuk menyerupai lawan jenis. itu semua merupakan tuntunan yang diberikan sehingga manusia dapat memiliki identitas dan berkembang menjadi dirinya sendiri.

Baca Juga :




Kamu adalah kamu

Aku tau kamu membutuhkan teman untuk berbicara
Tentang segala keluh kesahmu
Setidaknya aku bisa meminjamkan telingaku
Cuma ada satu jawaban untuk itu

Aku mungkin akan menyesalinya
kalau tak bisa menemukan jawabannya sendiri
aku  pun tak bisa membiarkan begitu saja
sekalipun aku bisa mengerti

Kamu adalah kamu
Itulah yang aku harapkan
Kamu bisa menjadi apapun yang kamu mau
Meskipun segalanya terlihat mustahil

Memang hidup perlu ada yang mengomentari untuk mengoreksi
Biarkan orang lain menilaimu dari luar
Kamu adalah kamu
Hanya dirimu sendiri yang bisa memahami

 By : AW


Wallahu a’lam... 

Referensi bacaan :

https://www.islampos.com/kun-anta-jadilah-diri-sendiri-14032/
https://www.motivasi-islami.com/menjadi-diri-sendiri/
https://www.idntimes.com/life/inspiration/emma-kaes/5-cara-mudah-untuk-menjadi-dirimu-sendiri-c1c2/full
https://www.islampos.com/kun-anta-jadilah-diri-sendiri-14032/

WAJIB MILIKI 4 HAL PENTING INI UNTUK MENJADI DIRI SENDIRI WAJIB MILIKI 4 HAL PENTING INI UNTUK MENJADI DIRI SENDIRI Reviewed by Annisa Wally on 05:41 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.