BADAN PUSAT STATISTIK " HARGA GABAH NAIK!!!"



Dikutip dari berbagai sumber berita mengenai perekonomian Indonesia, mulai harga barang-barang kebutuhan primer dan pokokkini mengalami kenaikan. Seperti kita ketahui bersama ya guys, Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya alam tapi sayangnya potensi negara kita tidak di manfaatkan dengan baik. 

Hari ini saya membaca sekaligus menguti beberapa berita tentang kenaikan gabah, semoga bermanfaat yah... silahkan di baca :)

Nah..... Menurut Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat harga gabah sepanjang bulan Desember lalu mengalami kenaikan. Sepanjang Desember, rata-rata harga gabah kering panen di tingkat petani Rp 4.623 per kg atau naik 1,07% dibandingkan bulan lalu.

Adapun di tingkat penggilingan mencapai Rp 4.717 per kg atau naik 1,23% dibandingkan harga pada November 2016. 

"Jadi harga gabah secara nasional mengalami kenaikan secara rata-rata naik baik di tingkat penggilingan maupun di tingkat petani," tutur Kepala BPS Suharyanto di Kantor Pusat BPS, Jakarta, Selasa (3/1/2017). 

Sementara itu, rata-rata harga gabah kering giling di tingkat petani adalah sebesar Rp 5.438 per kg atau naik 2,12% dan di tingkat penggilingan mencapai Rp5.541 per kg atau naik 2,31%. Hal ini juga diikuti oleh kenaikan kesejahteraan petani.

BPS mencatat, nilai tukar petani (NTP) pada Desember mengalami kenaikan sebesar 0,16% pada level 101,49.

 "Jadi ini juga disebabkan oleh inflasi di pedesaan sebesar 0,42% yang disebabkan oleh naiknya seluruh kelompok penyusunan indeks konsumsi rumah tangga," tutupnya.


Sumber : Tirto
BADAN PUSAT STATISTIK " HARGA GABAH NAIK!!!" BADAN PUSAT STATISTIK " HARGA GABAH NAIK!!!" Reviewed by Annisa Wally on 22:07 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.