STOP Kasih Pinjaman Uang Keteman Jika 5 ini Resikonya


Yah, bahas masalah uang agak sensitif jadinya. Kadang yang namanya manusia ada rasa ngak enakan apalagi sama temen, saudara, sahabat, tetangga, atau bahkan orang yang baru saja kita kenal. Apalagi alasannya karena lagi butuh banget

Namun, ada baiknya kita hindari jika ini resikonya :

1. Rawan renggang hubungan baik pertemanan atau kekeluargaan gara-gara susah ditagih.

2. Ngak ada jaminan dikembalikan.

3. Kebutuhan kita sendiri tersendat.

4. Jadi kebiasaan, pinjam lagi pinjam terus.

5. Paling parah, kehilangan teman sekaligu uang.

Yang ngutang ngak tau diri alias ngak nyadar-nyadar punya utang.. heehehhe..

Siapa nih yang sukanya ngutang atau beri utang?

Bagi yang suka ngutang, kurangi kebiasan utangmu, meski temen kamu ngak nagi setidaknya sadar diri untuk melunasinya.

Bagi yang suka memberi utang, jangan sakit hati yah. Beri tahu baik-baik jika dia ngak sadar-sadar dan kamu sudah capek menangih, ikhlasin aja walau berat. Niatkan untuk sedekah agar rejeki yang akan datang makin berlimpah dan juga berkah.

Jika ngak hati-hati mengenai pinjam meminjam akan rawan banget sakit hati dan juga rusaknya silaturahmi. Namun, jika kamu dah pikir mateng-mateng dan ikhlas untuk membantu ngak apa-apa kok.

Sebisa mungkin menghindari perselisihan gara-gara utang yah, InsyaAllah jika ikhlas membantu meringankan masalah orang lain akan dapat pahala kok. 

Kalau saya pribadi biasanya beri pinjemen namun dibatasi nominalnya, trus nanya kapan bisa bayarnya. Jika da lewat masa perjanjian pengembalian biasanya nge SMS, CHAT WA, atau FB untuk mengingatkan, kali aja lupa beneran kalau ada utang. Namanya juga manusia yah, kadang lupa kadang juga pura-pura lupa. Hohohoho...

Tandai aja orang-orang yang suka minta pinjem, kalau ia bisa dipercaya misalnya nih sekali dua kali minjem tepat waktu ngasih ngembaliin, bisa jadi dikasi pinjem untuk ketiga kalinya, wong dia bisa dipegang perkataan dan dibuktikan dengan tindakan. Nah... gitukan enak.

Namun, Jika orang yang pinjem ngak tau diri atau pura-pura lupa padahal kamu dah cape nagih, udah lah. CUKUP TAU aja, ambil sisi positifnya tanpa memutuskan silaturahmi yah. Semoga Allah mengganti dan memberikan rejeki yang lebih baik untukmu.

Yups, demikianlah topik kali ini, semoga apa yang kita harapkan dan inginkan  bisa terealisasi yah.. 

Info ini dikutip dari laman IG @tuturmama.id dengan penambahan-penambahan pribadi agar bisa lebih memotivasi. Semoga bermanfaat yah... Good Luck ;)

Gambar diambil dari laman https://id.pinterest.com/pin/829436456357491144/

Wallahu a’lam..

STOP Kasih Pinjaman Uang Keteman Jika 5 ini Resikonya STOP Kasih Pinjaman Uang Keteman Jika 5 ini Resikonya Reviewed by Annisa Wally on 17:12 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.