TANDA KALAU KAMU ADALAH ORANG YANG NGAK ENAKAN!

 Sebenarnya nih rasa ngak enakan itu wajar-wajar aja,berani ngomong “ngak” itu ngak salah juga karena kalian punya hak.

Pada awalnya memang pasti ngak enakan tapi lama kelamaan  akan terasa kok efeknya. Jadi, kalian punya hak yah sobat Skefo tuk ngak melakukan. Gimana betul ngak? 

Bagus juga jika kalian memiliki sikap ini artinya sobat memiliki rasa empati dan juga baik hati. Namun, harus dalam batas dalam koridornya yah, jangan sampai  karena rasa ngak enakan itu malah buat sobat banyak pikiran dan mengganggu kehidupanmu.



Nih, ini tanda kamu adalah orang yang ngak enakan ! 

Pertama, Sungkan minta tolong karena berpikir kamu akan membuat orang itu repot, padahal kamu berharap banget di bantuin.

Kedua,
Rela untuk mendahulukan kepentingan orang lain daripada diri sendiri.

Ketiga,
Jarang menolak orang yang meminta tolong, pas nolak ee sampe ke bawa tidur, kepikiran mulu.

Ohiya, meski kadang ketidakenakan sobat disalah artikan, mungkin dimanfaatin tapi, eee tetap aja sobat masih aja ngak enakan untuk menolak. So, ambil sisi positifnya aja sobat skefo, artinya kalian sudah bermanfaat buat orang lain.

Alasan Seseorang suka mengiayakan permintaan tolong seseorang :

  • Takut di bilang egois
  •  Tidak berani menolak
  •  Mengikuti perasaan yang gampang kasihan
  •  Tidak tegaan
  •  Ingin diakui
  •  Ingin bermanfaat bagi sesama 
  •  Ingin orang lain bahagia

Tips menghilanglan rasa "ngak enakan" dalam diri :

- Berikan sikap menghargai

Disini ketika ada seseorang yang meminta bantuan, bantulah jika itu bisa sobat lakukan. Namun, jika kalian mau menolaknya maka, tolaklah dengan sikap yang baik agar ia tidak kecewa atau tersinggung. Berikan alasan yang jelas agar kalian bisa saling memahami dan menghargai.

- Bersikap realistis

Pahami kondisi dirimu sendiri, meski ingin membantu atau meminta bantuan baca situasi dan keadaan dengan baik. Hal ini untuk meminalisir rasa kecewa yang berlebihan jika kamu tidak dibantu atau ketika kamu membantu namun tak ada kata terima kasih atas bantuanmu.

-  Bersikap Tegas

Jika dimintai bantuan oleh orang-orang yang ngak tau atau ngak bisa lihat kondisimu kayak gimana, mereka akan cenderung memaksa agar kamu bisa membantu. Maka dari itu, bersikap tegas sangat kamu butuhkan untuk melindungi diri sendiri, responlah dengan santai saja dan katakan bahwa kamu ngak bisa membantu.

- Jangan Merasa Bersalah

Cukup berikan pengertian dan pemahaman kepada perasaan sendiri, meski rasa ngak enakan itu ada tapi kamu bisa memahami apa yang kalian butuhkan. Jika tak bisa membantu meminta maaf adalah kata ampuh untuk memudarkan rasa ngak enakan itu.

- Tak perlu memaksa diri

Meminta bantuan  bukan berarti kamu merepotkan mereka apalagi kamu memang butuh bantuan orang lain. Tak perlu juga untuk memaksa diri membantu orang lain padahal diri sendiri tak berdaya. Jangan menyakiti diri sendiri, kamu memiliki hak untuk menolak. Tak melulu selalu mengiyakan bantuan. Tak perlu memaksa jika keadaan dan kondisi merasa tersakiti.

- Miliki Prinsip

 Kopi itu pahit, namun bisa memiliki banyak varian dengan ditambahkan rasa manis. Hidup sejatinya memang pahit jika kita berfokus hanya pada hal-hal negatif, semua akan manis jika kalian menaruh rasa manis dalam kehidupan, misalnya memiliki prinsip hidup seperti :

-    Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi sesama.
-    Jangan sampai ada atau tidak adanya dirimu sama saja.

-    Jika bisa melakukan sesuatu sendiri lakukan tanpa bantuan atau menyusahkan orang lain.

-    Jalani dengan rasa syukur apapun yang terjadi dalam kehidupan.


Nah itulah beberapa tips yang semoga bisa bermanfaat. 

Kesimpulannya sebenarnya ada pada dirimu sendiri, kamu yang menjalani kehidupan ini, jika ikhlas dan memang bisa bermanfaat bagi orang lain, ngak masalah ya kan?

Tanyakan lagi pada diri apakah sikap ngak enakan itu menyakiti dirimu atau malah hanya sebatas perasaan saja. Jika kamu bisa mengatasinya ngak apa-apa. Jika tidak maka kamu butuh perubahan dan ketegasan pada dirimu. 

Berusaha baik namun tak lupa untuk membaikan diri. So.. jalani hidup dengan baik meski yang terjadi kadang menjadi hal yang tak menyenangkan dihati.

Sumber bacaan (Selasa, 25 February 2020) :

IG : youngontop

https://www.hipwee.com/motivasi/berhenti-berusaha-menyenangkan-orang-lain-ini-cara-agar-kamu-bisa-bilang-tidak/

https://www.hipwee.com/hiburan/11-hal-yang-selalu-dihadapi-mereka-yang-punya-sifat-gak-enakan-dan-selalu-susah-bilang-nggak-ke-orang/

https://www.idntimes.com/life/inspiration/dewinner93/7-alasan-kurangi-rasa-gak-enakan-sama-orang-lain-c1c2/full

https://today.line.me/id/pc/article/Tak+Enakan+Ini+7+Tips+Buat+Menghilangkan+Kebiasaan+Susah+Menolak-ZEN0QO

Sumber basic gambar : pinterest.com

Wallahu a'lam..
TANDA KALAU KAMU ADALAH ORANG YANG NGAK ENAKAN! TANDA KALAU KAMU ADALAH ORANG YANG NGAK ENAKAN! Reviewed by Annisa Wally on 19:39 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.