TATA CARA MELAKSANAKAN SHALAT ISTIKHARAH

Hidup ini adalah sebuah pilihan. Pilihan antara yang baik dan yang buruk, jalan yang benar atau jalan yang sesat. Pilihan antara yang bermanfaat atau yang mudharat, yang menyenangkan dan yang menyedihkan, dan berbagai pilihan-pilihan lain.

Dalam Fiqih Empat Madzhab, Syaikh Abdurrahman Al Juzairi menjelaskan, disunnahkan bagi setiap muslim untuk melakukan dua rakaat shalat istikharah saat hendak menentukan sesuatu. Terutama saat bimbang atau ragu ketika menentukan pilihan.

Syaikh Musthafa Al Bugha dalam Fiqih Manhaji mengatakan, shalat istikharah disunnahkan bagi seseorang yang mengharapkan suatu hal yang dibolehkan, tapi ia tidak tahu apakah itu baik baginya. Sedangkan Sayyid Sabiq dalam Fiqih Sunnah menerangkan, shalat ini disunnahkan ketika seseorang menghadapi suatu permasalahan sedangkan ia ragu-ragu mana yang terbaik.

Sayyid Sabiq menjelaskan, shalat istikharah boleh berupa shalat sunnah apa saja. Baik shalat sunnah rawatib, shalat sunnah tahiyatul masjid, maupun shalat sunnah lainnya. Yang penting, setelah shalat sunnah dua rakaat, ia berdoa kepada Allah dengan doa istikharah.

TATA CARA SHALAT ISTIKHARAH

Tata cara shalat istkharah atau rukun shalat istikaharah sama dengan shalat wajib atau shalat-shalat sunnah 2 rakaat lainnya. Berikut tata cara shalat istikharah yang terdiri dari 2 rakaat.

Rukun Rakaat Pertama
  •     Membaca Niat Sholat Istikharah
  •     Membaca Takbiratul ihram, diikuti dengan bacaan doa iftitah
  •     Membaca surat Al Fatihah
  •     Membaca surat dari Al Qur’an, diutamakan Surat Al Kafirun
  •     Melakukan Ruku dengan tuma’minah
  •     Melakukan Itidal
  •     Melakukan Sujud pertama
  •     Duduk di antara dua sujud
  •     Melakukan Sujud kedua
  •     Berdiri lagi untuk menunaikan rakaat kedua
Rukun Rakaat kedua
  •    Membaca surat Al Fatihah
  •     Membaca surat dari Al Qur’an, diutamakan Surat Al Ikhlas
  •     Melakukan Ruku
  •     Melakukan Itidal
  •     Melakukan Sujud pertama
  •     Duduk di antara dua sujud
  •     Melakukan Sujud kedua
  •     Duduk Tahiyat akhir
  •     Mengucapkan Salam

 Intinya tata cara shalat istikharah atau rukun shalat istikharah sama dengan tata cara shalat wajib atau rukun shalat wajib 2 rakaat.

Lalu membaca doa istikharah yang telah diajarkan oleh Rasulullah. Syaikh Wahbah Az Zuhaili menjelaskan, disunnahkan sebelum dan sesudah doa tersebut untuk membaca hamdalah dan sholawat Nabi.

Doa Istikharah


“Allaahumma inni astakhiiruka bi’ilmika wa astaqdiruka biqudratika wa as aluka min fadlikal ‘aziimi fa innaka taqdiru wa laa aqdiru wa laa a’lamu wa anta ‘allaamul guyuub.”
“Allaahumma in kunta ta’lamu anna haadzal amro (…..) khairul lii fii diinii wa ma’aasyi faqdurhu lii wa yassirhu lii tsumma baarik lii fii hi wa in kunta ta’lamu anna haadzal amro syarrun lii fii diinii wa ma’aasyii wa ‘aaqibati amrii wa ‘aajlihii fashrifhu ‘annii wasrifnii ‘anhu waqdurhu liyal-khaira haitsu kaana tsumma rodh-dhinii bihi.”

Artinya : 

“Ya Allah, aku meminta petunjuk kebaikan-Mu dengan ilmu-Mu, aku memohon keputusan-Mu dengan qudrat-Mu dan aku meminta dengan karunia-Mu yang besar, karena sesungguhnya Engkau yang berkuasa sedangkan aku tida berkuasa. Engkau Yang Maha Mengetahui sedangkan aku tidak mengetahui dan Engkau Yang Maha Mengetahui segala yang gaib.

“Ya Allah, sekiranya engkau ketahui bahwa (sebutkan Pilihan yang dihadapi) baik untukku dalam agamaku, kehidupanku, dan akhir dari perkaraku ini, maka takdirkanlah ia untukku, mudahkanlah ia, lalu berkahilah aku padanya.”

“Ya Allah, dan sekiranya engkau mengetahui buruk bagiku dalam agamaku, kehidupanku, dan akhir dari perkaraku ini, maka hindarkanlah aku darinya, kemudian takdirkanlah untukku kebaikan bagaimanapun adanya, lalu berilah aku keridhaan dengannya.”
(HR. AhmadDan Bukhari).

Baca Juga : Kumpulan Doa-doa Agar Si dia Menjadi Jodohmu

Pengertian Shalat Istikharah

Shalat Istikharah adalah sholat yang bertujuan untuk meminta petunjuk atas masalah yang dihadapi oleh manusia.

Karena sejatinya manusia adalah makhluk yang lemah. Ia memiliki keterbatasan kemampuan dan ilmu sehingga perlu petunjuk.

Keputusan yang tepat untuk mendapatkan petunjuk adalah dengan meminta kepada Yang Maha Mengetahui yaitu Allah Taa'la melalui sholat istikharah.

Penguatan untuk melaksanakan sholat istikharah juga terdapat dalam hadist Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam :

“Tidaklah rugi orang yang beristikharah, dan tidaklah menyesal orang yang bermusyawarah.” (HR.Thabrani).

Segala amal bergantung pada niatnya. Begitupula dengan shalat istikharah. Sholat ini memiliki lafadz niat sendiri yang akan memantapkan hati untuk melaksanakan sholat.

Lafadz dari niat sholat istikharah adalah sebagai berikut :







“Ushollii sunnatal istikhooroti rok’ataini lillaahi ta’aalaa”.

Artinya:

 “Aku berniat melaksanakan shalat sunnah istikharah dua rakaat karena Allah Ta’ala.”

Baca Juga : Bagaimana Cara Mencari Jodoh Dalam Islam ? 

Bacaan Shalat Istikharah
 Menurut Sayyid Sabiq, tidak ada bacaan surat khusus dalam shalat ini. Setelah membaca surat Al Fatihah, boleh membaca surat apa pun.

Namun menurut Syaikh Wahbah az Zuhaili dalam Fiqih Islam wa Adillatuhu, disunnahkan membaca surat Al Kafirun setelah membaca surat Al Fatihah pada rakaat pertama dan disunnahkan membaca surat Al Ikhlas setelah membaca surat Al Fatihah pada rakaat kedua.

Waktu Pelaksanaan

 Sejatinya shalat istikharah bisa dilaksanakan kapan saja. Namun, alangkah lebih baik apabila shalat tersebut dilaksanakan pada sepertiga malam terakhir.

Karena di saat tersebut Allah sedang dekat dengan kita dan setiap permohonan yang dipanjatkan di waktu tersebut pasti dikabulkan.

Sebagaimana hadist Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam :

Dari Jabir bin ‘Abdillah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Di malam hari terdapat suatu waktu yang tidaklah seorang muslim memanjatkan do’a pada Allah berkaitan dengan dunia dan akhiratnya bertepatan dengan waktu tersebut melainkan Allah akan memberikan apa yang ia minta. Hal ini berlaku setiap malamnya.” (HR. Muslim no. 757).

Kesimpulan : 

Jadi masalah apa pun asalkan bukan perkara haram, disyariatkan untuk mengerjakan shalat sunnah ini dalam rangka minta petunjuk kepada Allah mana yang terbaik. Bukan hanya pilihan jodoh dan pekerjaan, meskipun dua hal ini yang paling populer.

Baca Juga : Sudah yakinkah jika kamu ingin berjodoh dengannya?

Wallahu a'lam.. 

Referensi (Rabu, 25 Maret 2020) :

https://wisatanabawi.com/wp-content/uploads/2019/06/Doa-Sholat-Istikharah.jpg

https://qazwa.id/blog/shalat-istikharah/

https://bersamadakwah.net/niat-shalat-istikharah/

Sumber gambar :
pinterest
TATA CARA MELAKSANAKAN SHALAT ISTIKHARAH TATA CARA MELAKSANAKAN SHALAT ISTIKHARAH Reviewed by Annisa Wally on 15:33 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.