3 Alasan Mengapa Sebagian Orang Mudah Menangis Ketika Marah


Umumnya nih sobat, menangis memang adalah sebuah reaksi yang muncul ketika seseorang merasa sedih. Tapi, ada sebagian orang yang justru menangis disaat mereka marah atau frustasi.

Apakah kamu juga salah satu dari mereka ?

Memilih untuk menangis daripada membentak, berteriak, bermuka masam, mereka ternyata justru meluapkan melalui tangisannya apalagi disaat emosi mulai memuncak.

Kok bisa gitu sih? 

Berikut 3 alasan mengapa seseorang marah malah memilih nangis :

1.Kamu Tidak Memiliki Tenaga untuk Berteriak dan Membentak


Melansir dari laman hellosehat.com (Ahad, 5 April 2020) menjelaskan bahwa ketika seseorang marah dan merasa frustrasi, beberapa dari mereka meluapkannya dengan tangisan. 

Saking intensnya emosi tersebut, sebagian dari mereka bahkan tidak memiliki tenaga untuk berteriak atau membentak dan malah berujung dengan menitikkan air mata.

Meski demikian, Robert R. Provine, Ph.D, seorang profesor psikologi dan ilmu saraf di Univetsity of Maryland, mengatakan bahwa menangis tidak bisa serta merta menjadi pertanda yang menentukan perasaan seseorang.

2. Sulit mengekspresikannya dengan kata-kata, akhirnya terwujud dalam bentuk tetesan air mata


iyakan yah? Ketika saat marah trus nangis kata-kata serasa tertahan ditenggorokan ngak bisa keluar.

Hmm... menurut sebuah penelitian menangis seperti ini merupakan fungsi intrapesonal dimana emosi negatis dikeluarkan melalui tangisan dimana seseorang bisa membuat dirinya lebih baik. Ini juga alasan dimana menangis menjadi salah satu cara manusia dalam bertahan hidup loh sobat.
3. Tidak Ingin Menyakiti Perasaan Orang Lain


Sebagian orang memilih menangis terlebih dahulu sebelum berkata-kata ketika marah sebab mereka tak ingin menyakiti orang lain.

Sekalipun saat emosi sedang memuncak. Berusaha sebisa mengkin untuk menahan diri  dalam luapan emosi, hingga akhirnya memutuskan marah dengan tangisan agar tak berujung penyesalan dan kata maaf.

Dari ketiga diatas adakah alasanmu menangis ketika sedang marah?

Sebagian orang bisa mengendalikan perasannya. Namun, ada juga yang tidak. Mungkin, sobat bisa menemukan orang-orang seperti itu didalam keseharian sobat sendiri.

Tips Mengendalikan tangisan ketika sedang emosi atau marah :

  1. Hindari adu argumentasi dengan orang lain dan alihkan perhatian kamu pada hal-hal yang menyenangkan, misalnya mencari gambar atau video-video yang bisa membuat kamu tertawa.
  2. Berlatih teknik pernapasan untuk membantu membuat kamu merasa lebih tenang.
  3. Bila air mata sudah terasa akan keluar, arahkan kepala sedikit ke atas untuk menahan air mata agar tidak menetes ke pipi.
  4. Mencubit pipi atau daerah lainnya, rasa nyeri setelahnya diharapkan dapat mengalihkan fokusmu agar tidak menangis.
  5. Minta ijin ke Wc bilang kalau kamu kebelet. Saat itu nangislah nga apa-apa. Sambil nyalain air keran agar tak kedengeran. Setelah itu cuci muka agar tak ketahuan habis nangis.  hehehhee

Nah.. itulah beberapa tips yang bisa kalian lakukan ketika air mata mulai meluap keluar yah sobat. 

Terserah dah mau pilih cara mana-mana. Asal itu bisa bantu kalian tuk bisa lebih mengendalikan rasa tangis yang spontan keluar.

Adapun jika cara diatas ngak bisa kamu lakuin yah ngak apa-apa. Asalkan saat nangis kamu ngak makan orang, atau banting barang sana-sini seperti orang kerasukan. Hihihihi..

Jika memang menangis dapat membuatmu lega, menangislah. Tapi, aku harap setelah nangis perasaan mu bisa jauh lebih baik yah.. Ohiya...

Mustahil rasanya jika tak ada manusia yang menangis. Baik itu dia lelaki atau wanita. Sebab, menangis salah satu naluri manusia yang sudah ada seperti saat dilahirkan kamu nangiskan?

Tak ada salahnya menangis baik itu sedang marah, emosi, menonton film atau melihat orang lain menangis. Ini pertanda bahwa dirimu lebih perasa dan peka. Manfaat menangis juga bisa membuat seseorang jauh lebih tenang loh. Bukan juga pertanda bahwa orang itu lemah. Namun, pintarlah untuk meluapkan tangisan.

Eh, tapi tau ngak sih sobat. Ada sebagian orang yang nangis karena ingin mengundang perhatian. Dikutip dari IG infopsikologi.id menjelaskan bahwa :

Menurut penelitian yang berjudul The Riddle of Human Emotion Researchers, ada 2 fungsi menangis loh yaitu, intrapersonal dan interpersonal.

Fungsi Intrapersonal (untuk diri sendiri), menangis ini merupakan tindakan untuk menenangkan diri. Sedangkan fungsi interpresonal (komunikasi nonverbal), dimana seseorang memiliki tujuan untuk mendapatkan perhatian atau bantuan dari seseorang.

Demikian penjelasan mengapa sebagian orang mudah nangis ketika marah yah guys. InsyaAllah nantikan artikel-artikel berikutnya.

Semoga bermanfaat... 

Wallahu a'lam..
3 Alasan Mengapa Sebagian Orang Mudah Menangis Ketika Marah 3 Alasan Mengapa Sebagian Orang Mudah Menangis Ketika Marah Reviewed by Annisa Wally on 01:46 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.