Alasan-alasan Psikologis Kenapa Seseorang Suka Mencintai Orang Lain yang Tak Bisa Dimiliki


Terinspirasi dari berbagai media sosial yang aku miliki, hari ini Rabu,  1 April 2020 aku ingin membagikan sebuah alur dari salah satu bagian kehidupan manusia yaitu “keinginan”.

Keinginan yang akan aku bahas kali ini yaitu keinginan untuk memiliki seseorang. Hehehe.. bukan ngajarin kalian untuk bucin yah.. tenang aja..

Pertama yang harus kita tahu sendiri "apa itu keinginan ? "


Dari jurnal.id menjelaskan bahwa keinginan tidak bersifat mengikat dan tidak memiliki keharusan untuk segera dipenuhi.

Namun, akan berbeda jika dilihat dari sudut agama seperti yang dijelaskan oleh Aa Gym dikutip dari daaruttauhiid.org . 

Pimpinan Pondok Pesantren Daarut Tauhiid (DT) KH. Abdullah Gymnastiar (Aa Gym) dalam laman Facebooknya menyebut, keinginan sebagai makhluk harusnya sesuai dengan yang Allah sukai.

“Harus ada koneksinya, harus ada kaitannya, dan harus ada dasarnya. Keinginan itu memang fitrah manusia yang kalau kita sadari sangat dominan, tapi sebagai seorang muslim yang baik, harusnya keinginan itu bisa terkelola dengan baik sesuai dengan yang Allah Swt inginkan,” katanya, Rabu (19/2).

Aa Gym menjelaskan tentang ayat al-Quran dalam surat Al-Baqarah, yang berisi tentang keinginan, yakni:

“Boleh jadi kamu tidak menyenangi sesuatu, padahal itu baik bagimu. Dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu, padahal itu tidak baik bagimu. Allah mengetahui sedangkan kamu tidak mengetahui,” (QS. Al-Baqarah: [2] : 116)

Ayat tersebut, kata Aa, menegaskan bahwa keinginan yang disukai Allah paling tidak atau paling kecilnya adalah tidak merugikan bagi diri sendiri, apalagi orang lain.

“Inginkan saja apa yang Allah suka, walaupun tidak kejadian tapi menjadi kebaikan. Kita harus siap untuk tidak terkabul, kenapa? Karena Allah lebih tahu yang terbaik buat kita, sedangkan kita tidak tahu,” papar Aa Gym.

Menurutnya, jika seseorang memiliki keinginan, pertama yang harus dilihat adalah niatnya. Setelah memiliki niat yang lurus, sempurnakan ikhtiar di jalan Allah. Kemudian bertawakal, pasrah kepada Allah Ta’ala, dan tetap istikharah.

“Niat itu penting dalam menjalankan sesuatu, salat juga harus ada niatnya, apalagi mengucapakan keinginan. Terkadang Allah tidak mengabulkan apa yang kita inginkan, tapi apa yang kita butuhkan. Itu merupakan karunia bahwa Dia masih mencintai kita, masih memberikan kasih sayang-Nya,” kata Aa Gym.

Menurutmu apa itu keinginan ? (silahkan tulis dikomentar)


Lanjut...

Ada quote (Instagram: jepangmudah) anime Tenki no Ko (chara: Hodaka Morishima) 

“Mou nidoto harenakutte ii. Aozora yori mo, ore wa Hina ga ii”.
(“Memangnya kenapa kalau tidak bisa melihat matahari lagi. Aku lebih menginginkanmu daripada langit biru.”)

Kita bisa pahami begitu besar keinginan seseorang untuk memiliki sosok yang ia sangat inginkan.

Aku juga memiliki keinginan yang sama, menginginkan seseorang yang juga menginginkan kita itu lebih menyenangkan dan membahagiakan. Bukan?

Mungkin banyak yang sering patah hati disebabkan keinginannya tidak bisa ia wujudkan. 

Kalau sudah seperti ini aku memilih untuk tidak banyak berkomentar sebab, sakit hati disebabkan keinginan akan berbeda-beda bagi setiap orang.


Lantas, apa yang membuat seseorang menginginkan seseorang yang tak bisa ia miliki?

Dikutip dari laman idmtimes.com (Dilansir dari Elite Daily ) ada 12 Alasan Psikis mengapa seseorang kerap menginginkan seseorang yang tidak bisa dimiliki.


George Loewenstein menyampaikan alasan-alasan psikologis kenapa seseorang suka mencintai orang lain yang tak bisa dimiliki.

Berikut di antaranya :
  1. Saat tak bisa mendapatkan sesuatu, kamu membiarkan rasa ingin tahumu untuk mendapatkan apa yang terbaik buatmu, meskipun kamu tak tahu mengapa.
  2. Otak mengeluarkan dopamin saat kamu mengejar sesuatu yang ingin kamu dapatkan, itu sebabnya kamu suka mengejar seseorang meskipun pada akhirnya tak dapat-dapat.
  3. Kamu tak suka beranjak dari seseorang atau ditolak seseorang, karena itu adalah pukulan besar bagi rasa egomu.
  4. Semakin sulit seseorang didapatkan, semakin kamu menginginkannya karena menganggapnya berharga.
  5. Kamu menjadikannya tantangan pribadi untuk mencoba dan memenangkan hatinya.
  6. Ketika kamu berkencan dengan seseorang yang diinginkan juga oleh orang lain, kamu akan merasa lebih percaya diri dan harga dirimu semakin meningkat.
  7. Saat menghabiskan waktu untuk seseorang, kamu juga diam-diam menginginkan balasan, padahal terlalu banyak menghabiskan waktu dan energi untuk seseorang hanya akan membuatnya ingin mendorongmu menjauh.
  8. Sama seperti anak-anak yang dilarang untuk melakukan sesuatu, kamu pun mudah tertarik untuk terobsesi dengan seseorang yang tak dapat kamu miliki.
  9. Kamu ingin membuktikan orang lain salah, contohnya kepada temanmu yang mengejek bahwa kamu tak akan bisa mendapatkan seseorang yang kamu kagumi di kantor.
  10. Kamu menyukai ketidakpastian, hal itu memicu otak yang mengharapkan imbalan.
  11. Kamu bosan dengan kehidupan hubunganmu yang begini-begini saja, itu sebabnya kamu menghibur diri dengan mengejar suatu tujuan yang tampaknya tak akan tercapai.
  12. Menyukai seseorang yang tak bisa didapatkan seperti fantasi yang menyenangkan.

Wajar saja jika kamu memiliki perasaan ingin memiliki. Namun, berhentilah jika itu membuatmu stress, depresi, atau menganggu kesehatan lahir bathinmu. 

Segera minta seseorang yang menurutmu bisa membantu seperti dokter psikolog (bisa tanya online) atau teman, sahabat, keluarga terdekatmu. Semangat, semoga sukses..



Puisi Hati 

Tentang Sebuah Keinginan

Aku rasa diriku terlalu egois
Tapi, tak peduli apapun itu aku inginkan 
Sosok yang menyayangiku dan aku menyayanginya
Saling Menyayangi itu yang aku  inginkan

Aku rasa diriku ini terlampau jauh berekspetasi
Tapi, tak mengapa karena itu keinginanku sendiri
Sesakit apapun hatiku nanti
Sekecewa apapun perasaanku nanti
 Aku akan belajar dari ini

Biarkan keinginan ini menjadi campuk untuk terus mendoakanmu
Biarkan saja kata orang yang melirik sinis atas inginku
Aku tak peduli itu
Aku inginkan kamu disampingku

Atas semua keinginan ini 
Aku membutuhkanmu untuk melengkapi diriku yang hilang
Aku menginginkan
Kehidupan bersamamu selamanya

Bagiku ini keinginan yang membawa harapan
Jika ini tak bisa menjadi nyata
Tak mengapa untuk saat ini aku benar ingin
Sebatas keinginan tentang miliki dirimu dimasa depan
Sudah cukup membahagiakan diriku

By: annisawally


Wallahu a'lam.. 

Sumber gambar : Pinterest

Baca Juga :
Alasan-alasan Psikologis Kenapa Seseorang Suka Mencintai Orang Lain yang Tak Bisa Dimiliki Alasan-alasan Psikologis Kenapa Seseorang Suka Mencintai Orang Lain yang Tak Bisa Dimiliki Reviewed by Annisa Wally on 01:47 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.