4 HAL PENTING DIKETAHUI SEBELUM BERGABUNG DALAM ORGANISASI KAMPUS




BAGAIMANA SAYA MEMILIH ORGANISASI YANG TEPAT DALAM PERKULIAHAN?

Memasuki dunia perkuliahan biasanya kita akan disuguhkan dengan berbagai macam organisasi-organisasi kemahasiswaan, ada organisasi dalam kampus dan juga luar kampus. Tentu masing-masing organisasi memiliki visi dan misi yang berebeda-beda, seperti tujuan dan fungsinya masing-masing.
 
Ohiya, organisasi cukup penting dan baik untukmu supaya bisa melatih diri terutama dalam berkomunisasi dengan orang lain atau banyak orang, mengasahmu untuk memiliki dan melatih sifat kepemimpinan.


Jujur waktu pertama kali memasuki dunia perkuliahan salah satu yang membuat kita bingung adalah ini nih, banyak tawaran organisasi dimana ngajak kita untuk gabung.  

Namanya juga masih Mahasiswa Baru (MABA) belum ada gambaran jelas tentang sebuah organisasi atau UKM-UKM (Unit kegiatan mahasiswa) yang ada didalam kampus itu. 

Apa sih yang harus diperhatikan saat memutuskan untuk gabung dalam sebuah organisasi?

berikut beberapa cara untuk meyakinkan dirimu gabung berorganisasi :

•    Cari tau tujuan organisasinya
 

nah, dengan mencari tau organisasinya maka, kamu akan lebih memahami. misalnya tujuan organisasinya apa, trus apa saja kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan. ingatlah cukup penting juga bergabung dalam sebuah organisasi sebab bisa melatih diri untuk mengasah skil-skil pengembangan diri.

•    Pahami apa yang kamu butuhkan


sebelum memutuskan untuk bergabung, apa yang ingin kamu dapatkan ketika sudah bergabung? misalnya mau tambah ilmu lagi selain dikelas perkuliahan, sharing ilmu-ilmu lainnya, atau kegiatan yang bisa membantumu dalam mengerjakan tugas-tugas perkuliahan.

•    Pilih organisasi sesuai hobby


ini bisa menjadi pertimbangan ketika banyak tawaran organisasi untukmu. Namun, kamu bisa lebih memilih yang cocok sesuai dengan minat atau hobby yang kamu senangi, contohnya nih kamu suka fotografer maka kamu bisa join ke organisasi  fotografer. Lakukan hal yang menyenangkan namun juga bisa membuatmu mengasah hobbymu.

•    Lihat manfaatnya 






ketika memutuskan untuk bergabung dalam sebuah organisasi yang bisa bermanfaat untuk mu dan juga lingkunganmu. Selain itu, dengan memilih organisasi yang bermanfaat itu akan membantumu dalam memotivasi diri agar lebih semangat.

Ohiya, sesuai dengan pengalamanku. Banyak mahasiswa yang hanya aktif organisasi dan tak memperhatikan perkuliahannya. Al hasil banyak dari mereka yang lambat menyelesaikan alias suka menunda untuk kelulusannya.


Nah, untuk meminimalisir hal itu terjadi kepadamu maka perhatikan Tips ini :
 
Santai tapi serius

Organisasi hanya sebagai selingan untuk mendapatkan ilmu apa yang tidak diajarkan didalam proses pembelajaran di kampus. Kamu bisa gabung organisasi santai saja tanpa mengabaikan perkuliahanmu. Jangan sampai organisasi membuatmu malas untuk cepat wisuda.

Atur waktu

 Setelah memutuskan untuk gabung organisasi maka, lihatlah waktu atau jadwalmu. Ini akan membantumu dalam menjalankan tugas organisasi dan juga kewajibanmu terhadap proses belajar dalam kelas perkuliahanmu .

Wisuda tepat waktu
 
 

Jangan menunda jika bisa menyelesaikan kuliahmu tepat waktu, jangan biarkan organisasi menjadi alasan agar bisa menunda wisudamu. Ingatlah keluargamu yang menantikan wisudamu terutama kedua orang tuamu.

Secara pribadi dalam mengikuti organisasi semua tergantung cara kita. Jika kita mengetahui cara kita dalam melakukan sesuatu maka, tak ada yang menyusahkan atau membuat kita merasa khawatir dalam melakukannya.

Aku mengikuti beberapa organisasi seperti organisasi keagamaan, study club dalam fakultas hukum, dan juga organisasi di jurusan keduaku Akademi Bahasa Asing. Semua aku jalankan sembari tetap aktif dalam perkuliahan. Jika, jadwal berbenturan maka, aku biasanya mengkonfirmasikan terlebih dahulu kepada  ada event-event yang akan diselenggarakan organisasiku. 

Jika tak bisa terlalu aktif maka, sampaikan kepada organisasimu agar mereka juga paham bahwa kamu juga memiliki prioritas yang berbeda cara ini baik untuk anggota organisasi lain tidak mencibir atau menggosipkanmu yang tidak-tidak. Jika ada yang keberatan karena beberapa  ketidakaktifanmu  maka, beritahu saja kepada mereka bahwa tujuanmu mengikuti organisasi itu. Begitu caraku dalam menangani. 

Ada yang berpendapat bahwa berorganisasi lebih penting dari kuliah. Itu terserah dirinya, asal jangan sampai kamu terpengaruh. Tenang saja organisasi dalam kampus masih bisa kamu ikuti meski tak menjadi mahasiswa, sebab organisasi tak terikat dengan status mahasiswa tamat belumnya. Pengalamanku sendiri masih banyak kakak-kakak senior yang aktif dalam organisasi meski mereka sudah menyelesaikan kuliahnya.

Meski tak banyak waktu lagi dalam mengurus organisasi sebab ada tanggungjwab baru yaitu mendapat pekerjaan. Bukan menjadi penghalang dirimun untuk tetap aktif dalam beroganisasi kok yah. Asal kembali lagi, pandai mengatur waktu. 

Semoga tulisan ini bermanfaat untukmu. Terima kasih telah membaca, salam sukses.


Sumber Gambar : Pinterest.com

Wallahu a'lam..
4 HAL PENTING DIKETAHUI SEBELUM BERGABUNG DALAM ORGANISASI KAMPUS 4 HAL PENTING DIKETAHUI SEBELUM BERGABUNG DALAM ORGANISASI KAMPUS Reviewed by Annisa Wally on 01:56 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.