6 HAL PENTING UNTUK PERSIAPKAN DIRI SEBELUM TES DAN WAWANCARA



Bagaimana cara saya mempersiapkan diri sebelum tes dan wawancara ?

 Tes dan wawancara merupakan hal yang harus dilalui apalagi sudah lulus berkas saat kuliah. Berhubung dikampus aku masih ada wawancara. Jadi, harus siap-siap auto belajar juga.

Sebenarnya santuy saja namun, serius.  Asal tau caranya mainnya gimana, ngak usah 24 jam fokus belajar, entar kamu malah stress. Belajar tujuannya untuk mengetahui bukan menyiksa diri, iya kan?
Ohiya, setiap orang memiliki cara belajarnya sendiri-sendiri termasuk kamu kan? Ada yang sukanya nanti pas ujian baru belajar, ada yang sebulan sebelum ujian sudah belajar. 


Intinya cari yang buat kamu nyaman aja. Berikut ini yang pada umumnya dilakukan untuk lebih mempersiapkan diri :


•    Belajar Efektif Jauh Sebelum Waktu Ujian.

Ini salah satu cara belajar yang dianggap ampuh sukses bisa melancarkann tes. Namun, ini tidak akan berlaku bagi mereka yang tipenya tak perlu seperti itu.

Secara pribadi aku sendiri menyukai cara belajar yang santuy seminggu sebelum tes membaca rangkaian materi secara keseluruhan, sembari mengingat dan memahami apa-apa yang penting untuk diketahui.

•    Jangan Belajar dengan Sistem Kebut Semalam.

Kamu suka cara ini ? terserah kamu, asalkan kamu bisa memahami semua apa yang kamu pelajari semalam itu. Mengapa hal ini sebaiknya tidak kamu lakukan? Sebab memaksa kerja otak untuk mengingat secara tiba-tiba itu tak baik. 

Aku pribadi tidak melarang seutuhnya cara ini asalkan dilakukan dengan benar misalnya,  tak memaksa diri apalagi tanpa adanya istirahat.

•    Istirahat yang Cukup.
 
Cukupnya istirahat membuat beban dari cara kamu belajar tadi jadi santuy, belajar memang perlu namun, jangan hnaya gara-gara belajar tapi mengacuhkan kesehatan.

Tubuh butuh istirahat, minum air yang cukup, tidur dengan nyaman agar tidak merasa stress.

•    Persiapkan Segala Keperluan Ujian Jauh-Jauh Hari.

Apa yang dibutuhkan saat tes? Selain pemahaman kamu tentang materi tes?, tentu saja kamu butuh alat-alatnya seperti : pensil, pulpen, dan perlengkapan lainnya yang wajib kamu persiapkan agar tak kalangkabut.

•    Pelajari Teknik Rileksasi Diri.

Jika belajar membuatmu stress maka cobalah cari cara untuk membuat dirimu dikendalikan rasa nyaman. Banyak metode yang bisa kamu dapatkan agar saat belajar diri tidak terlalu tertekan. Aku sih hanya butuh beberapa waktu untuk menghibur diri dengan nonton film favorite, atau anime kesukaan.

•    Makan & Minum yang Cukup Sebelum Ujian.
Makan sambil belajar juga bisa, misalnya makan buah-buahan atau cemilan yang bisa membuat mu bisa kenyang. Makan untuk menjaga tenagamu, minum agar kamu tetap fokus dan terhindar dari dehidrasi. 

Cara khusus sesuai caraku belajar seperti :

 
•    Berdoa sebelum dan sesudah belajar 

Dengan berdoa akan ada aliran energi positif yang bisa kamu dapatkan. Berdoalah untuk meminta kemudahan, pemahaman, kelancaran, dan hasil yang baik.

•    Mengumpulkan materi 

Cukup pahami apa yan kamu akan pelajari, tentukan poin-poin khususnya catat itu untuk bisa lebih tau apa yang sangat kamu butuhkan unutk dipahami.

Secara pribadi aku mengumpulkan materi dan menuliskannya, berhubung aku suka dengan catatan berupa gambar. Jadi, sesekali menulis poin materinya dalam bentuk diagram, gambar yang bisa aku gambar.

•    Buat catatan khusus sesuai gaya belajarmu 

Suka bosan ketika belajar ? apa yang membuatmu bosan? Coba cari alasanmu itu dan cari juga solusinya. Jika kamu tak suka belajar dengan cara membaca, bisa gunakan cara menonton video-video yang sama dengan pengumpulan poin materi pelajaran yang akan kamu ujiankan.

Buat catatan khusus juga, hanya poin saja tanpa menjabarkan sebab jika terlalu banyak tulisan bisa membuatmu susah untuk memahami.

•    Mengguji diri sendiri

Uji diri sendiri dengan ajukan pertanyaan mu sendiri, jika kamu bisa menjelaskan secara jelas. Maka, kamu sudah siap untuk ujian. Jika kamu butuh teman untuk bertanya kamu bisa menemukan seseorang yang menurutmu mampu untuk menjawab pertanyaanmu itu.

Kamu juga bisa mencari berbagai macam soal-soal yang banyak tersedia di iinternet, cobalah untuk menjawabnya.

•    Minta doa orang tua dan keluarga

Kamu butuh semangat untuk melakukan sesuatu termasuk juga belajar. Mintalah doa kepada orang-orang terdekat, mereka akan mendoakan dan juga memberimu semangat.

•    Terima apapun hasilnya

Ini adalah cara ku untuk meminimalisir kegagalan. Kamu sudah melakukan semampu dan sebaik mungkin, sudah berusaha juga. Namun, jika gagal maka jangan terlalu bersdih hati sebab kamu juga tak ingin gagal kan?

Biarkan saja, masih ada kesempatan berikutnya. Rencana Tuhan selalu lebih indah dari rencanamu.

Nah... itu cara khusus yang aku lakukan.



Jika kalian kurang puas, kalian bisa membaca tips belajar  dari id.wikihow.com berikut ini : 

 Tips

•  Fokuskan perhatian pada materi yang sedang Anda pelajari.

•  Konsumsilah makanan sehat dan tidurlah yang cukup di malam sebelum ujian.

• Belajar dengan baik dan tidur malam yang cukup membantu Anda menghafalkan informasi lebih baik.

•Jangan lupa beristirahat sesering mungkin agar pikiran bawah sadar mampu mengolah dan menyimpan informasi. Pikiran juga perlu beristirahat, jadi, sering-seringlah beristirahat.

• Jangan menunda belajar sampai menit-menit terakhir. Anda akan merasa letih dan tidak siap saat mengikuti ujian. Selain itu, otak akan bekerja lebih lambat untuk memproses informasi.

• Belajarlah dengan tenang, jangan tergesa-gesa. Anda akan lebih mudah menghafal jika memiliki cukup waktu untuk membaca catatan.

•  Salinlah informasi penting dari catatan agar lebih mudah diingat.

•  Berusahalah memahami konsep yang Anda pelajari sesuai kemampuan. Jangan memaksakan diri.

•  Gunakan warna, buku catatan, dan diagram jika Anda lebih mudah belajar secara visual.

•  Kurangi waktu untuk mengakses situs web media sosial (Facebook, Twitter, Instagram, dll.)

Peringatan

 • Jangan bergadang untuk belajar sebab cara ini akan berakibat buruk. Pastikan Anda cukup tidur di malam hari sebelum ujian.

• Jangan memaksakan diri. Carilah keseimbangan antara belajar dan bersenang-senang. Sediakan waktu untuk kedua hal tersebut.

• Jangan mempelajari semua materi sekaligus. Bacalah buku pelajaran sedikit demi sedikit setiap hari agar Anda bisa meraih prestasi belajar terbaik.

Sumber Gambar : Pinterest.com

Wallahu a'lam..
6 HAL PENTING UNTUK PERSIAPKAN DIRI SEBELUM TES DAN WAWANCARA 6 HAL PENTING UNTUK PERSIAPKAN DIRI SEBELUM TES DAN WAWANCARA Reviewed by Annisa Wally on 01:18 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.