ATASI RASA CEMAS / KHAWATIR BERLEBIHAN DENGAN TEKNIK MEDITASI INI, AYO COBA DIRUMAH

 Berhubung hampir 3 bulan dunia gempar akibat virus corona yang kini sudah masuk di Indonesia, membuat masyarakat dan pemerintah mulai berupaya mengatasinya. 

Banyaknya informasi yang kurang valid adalah sesuatu yang FATAL jika informasi itu dibuat sangat mengerikan. Sebab, akan ada kekhawatiran berlebih yang membuat mereka tertekan dan stress.

Untuk kamu, dia, kita, kalian  yang ingin melepas stres sekaligus memperoleh tubuh sehat, meditasi boleh jadi solusi. Walau membutuhkan konsentrasi tinggi dan teknik khusus, bukan berarti kamu tak bisa mencoba sendiri di rumah.

Banyak orang mengira bahwa meditasi membutuhkan ruangan tenang atau musik khusus. Padahal kamu bisa melakukannya kapan saja, misalnya saat menunggu bus datang, berjalan kaki, atau di tengah kemacetan. 

Meditasi merupakan praktik meditasi yang menghubungkan pikiran dan tubuh. Nah, untuk mendalami kekuatan pikiran diperlukan konsentrasi tinggi, kesadaran penuh (mindfulness), serta teknik yang tepat. 

Melalui meditasi, tak hanya menciptakan kondisi fisik yang baik namun bisa membuang stres, meningkatkan ketenangan dan kejernihan pikiran, serta rasa bahagia.

Bagaimana cara melakukannya ? 

1.    Luangkan waktu khusus untuk menyelami diri


Berhubung konsentrasi adalah hal pertama sekaligus terpenting dalam bermeditasi, luangkan waktu khusus untuk menyelami diri. 

Jauhkan pikiran, ingatan, atau kekhawatiran yang mungkin bisa mendistraksi fokus kamu. Mengatasi itu, pastikan bermeditasi di saat waktu yang tepat agar meraih konsentrasi total.

Melansir Cosmopolitan, suasana hati alias mood turut menentukan keberhasilan meditasi

Untuk membangun mood yang baik, atur posisi dan suasana di tempat yang nyaman agar energi positif mengalir dengan optimal

2.    Perhatikan postur tubuh


Walau tak mengutamakan keaktifan fisik, meditasi memerlukan kemampuan tubuh untuk mengalirkan energi. Posisi tubuh yang tepat untuk dasar meditasi adalah duduk tegak, kedua tangan di atas lutut, leher tak kaku, serta dagu sedikit menunduk.

Beberapa jenis meditasi mengandalkan kekuatan fisik. Seperti meditasi Vipassana yang meyakini energi untuk menyeimbangkan pikiran berasal dari bagian dasar tulang belakang. 

Untuk memaksimalkan pelepasan energi, diperlukan posisi duduk yang baik. Dengan mata terpejam, cobalah membangun fokus selaras posisi tubuh yang nyaman.

3.    Tahu alasan bermeditasi

Ibarat jujur ketika berkomunikasi dengan diri sendiri, kamu perlu mengakui alasan dan harapan yang membawa kamu pada meditasi, kemudian lepaskan. 

Dengan terbiasa melepaskan segala ekspektasi, membuat terbiasa bersikap positif pada orang lain.

4.Bebaskan pikiran

 Pada tahap ini, biarkan pikiran lepas dan berkelana. Nikmati fokus kamu dengan tenang dan tanpa kekhawatiran selama 20-30 detik. 

5.    Terbiasa melakukan meditasi


kamu bisa mengaplikasikan fokus meditasi dalam aktivitas sehari-hari. Tak perlu melakukan teknik dasar meditasi secara utuh. Cukup mengendalikan tarikan dan buangan napas serta berfokus pada indera dan energi dari pikiran.

Melansir New York Times, cara makan (mindful eating) bahkan bisa membentuk ketenangan dalam beraktivitas. 

Perhatikanlah segala hal berkaitan pola makan, seperti rasa lapar dan kenyang, apa yang hendak kamu makan, hingga sensasi pada mulut ketika lidah mengecap rasa. 

Meyakini peran lidah sebagai bagian dari indera dengan makan perlahan mampu membiasakan kamu berkonsentrasi dan penuh perhatian ibarat sedang bermeditasi. Tertarik mencoba?

Salah satu penyebab orang stres dan gelisah adalah karena tidak bisanya orang dalam mengontrol emosi. Berlatih meditasi adalah salah satu cara beberapa orang untuk bisa lebih mengontrol emosi.

Ada beberapa jenis variasi meditasi yang bisa kamu coba yang memiliki manfaatnya masing-masing.

Berikut tujuh jenis meditasi yang memiliki manfaatnya sendiri-sendiri dilansir dari Step to Health : 

1. Meditasi suara primordial


Meditasi ini didasarkan pada mantra. Yang dimaksud mantra adalah suara, kata, atau ungkapan yang membuat pikiran bergetar. 

Salah satu mantra yang terkenal adalah kata "ommm". Ini menyingkirkan pemikiran kamu keluar dari saat-saat sekarang.

Jika kamu berpikir bahwa mantra adalah suara yang diambil secara kebetulan, sesungguhnya suara-suara tersebut adalah suara yang suci. Mereka telah memiliki makna yang sudah ada sejak dulu.

Meditasi jenis ini membuat jarak antara kamu dan gangguan mental yang membuat kamu tidak tenang.

2. Meditasi Vipassana

 Praktik ini berfokus pada pernafasan hidung dan membuatmu mengenali pikiran dan emosi. kamu bisa melihat mereka tanpa membuat sebuah komentar apapun.

Meditasi ini membantu kamu untuk melihat sesuatu sebagaimana adanya tanpa menghakimi atau menilai mereka. Ini membuka mata kamu dan membuatmu memahami apa yang terjadi di sekitarmu.

3. Meditasi Zazen

Disebut juga Zen, meditasi ini berfokus pada pernapasan. Namun, berbeda dengan Vipassana, Zen tidak berdasarkan pernapasan hidung tapi pergerakan perut.

Untuk meditasi ini, kamu harus duduk tegak dengan dagu mengarah ke bawah dan tangan diletakkan ke bawah perut. 

Meditasi ini mengajarkanmu untuk melihat hal-hal yang melewati pikiranmu untuk kemudian dilihat satu demi satu lalu membiarkannya bebas.

4. Meditasi Metta


Meditasi ini didasarkan pada penganut Buddha di Tibet. Meditasi ini adalah meditasi yang penuh perhatian dan juga rasa cinta. 

Kamu bisa belajar untuk berempati lebih banyak menghadapi kehidupan dengan peningkatan positif. Selain itu, kamu juga bisa belajar menerima dirimu dan orang lain.

Orang dengan rasa rendah diri, perfeksionis, atau kritis dapat memperoleh manfaat dari meditasi jenis ini.

5. Meditasi Kundalini


Tujuan utama kundalini adalah membangunkan pikiranmu. Kamu bisa melakukan ini dengan mantra dan nyanyian yang bisa mengakses alam bawah sadar.

Meditasi ini memusatkan perhatian pada bagian tulang belakang kamu. Energi kundalini bisa ditemukan di punggung bagian bawah kamu.

Saat kamu mengucapkan mantra atau nyanyian, kamu membebaskan energi yang berasal dari tulang belakang Anda. Setelah terbangun, Anda akan mendapatkan sebuah pencerahan.

6. Meditasi Chakra


Menurut penganut Hindu, orang memiliki enam chakra. Mereka adalah pusat energi yang didistribusikan ke seluruh tubuh. 

Meditasi ini berfokus pada suara, posisi tangan, visualisasi, dan fokus pada setiap chakra yang akan menghubungkanmu dengan tubuh fisikmu.

7. Meditasi Tonglen
 Meditasi ini membantumu terhubung dengan apa yang membuatmu menderita, menerima rasa sakit, dan membebaskanmu darinya.

Orang yang mencoba lari dari apapun yang mereka anggap negatif dan menyakiti mereka hanya akan membuat semua menjadi makin buruk. 

Oleh karena itu, meditasi ini memungkinkan kamu untuk melawan keadaan sulit dalam hidupmu.

Wallahu a'lam.. 

Demikianlah pembahasan kita kali ini, semoga bermanfaar dan mencoba yah... 

Referensi (Sabtu, 28 Maret 2020) : 
https://www.alodokter.com/sering-sakit-dan-stres-coba-meditasi

https://www.liputan6.com/health/read/3258381/7-jenis-meditasi-ini-punya-manfaat-berbeda-untuk-tubuh

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20190717102939-255-412852/cara-meditasi-yang-benar-dan-mudah-bagi-pemula

Sumber gambar : pinterest
ATASI RASA CEMAS / KHAWATIR BERLEBIHAN DENGAN TEKNIK MEDITASI INI, AYO COBA DIRUMAH ATASI RASA CEMAS / KHAWATIR BERLEBIHAN DENGAN TEKNIK MEDITASI INI, AYO COBA DIRUMAH Reviewed by Annisa Wally on 01:22 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.