Menelisik Obat Jerawat yang Dianjurkan dan Sudah Ada Dizaman Rasulullah



Semua wanita saya pikir nih pengen tampil cantik ya kan? Termasuk saya ehehhehe apalagi cantiknya itu alami banget, tak bosan-bosan dilihat atau dipandang baik pake make up dan tidak pake make up tetap terpancar kecantikannya.

Dizaman yang serba ada gini mulai dah muncul-muncul berbagai perawatan atau produk kecantikan yang serba instan ada yang terbuat dari ekstrak bahan alami namun banyak juga yang memakai bahan-bahan berbahaya seperti merkuri. Tuh kan bahaya banget..

So, hati-hati aja jika memakai produk kecantikan yah guys..

Pembahasan kali ini kita akan mencari tahu lebih jauh, bagaimana aturan dandan dalam sudut pandang agama?

Tahu ngak, perawatan diri sebenarnya sudah ada sejak zaman dulu dimana para istri nabipun melakukan perawatan diri.

Intinya nih, Islam mengajarkan kita untuk menghargai keindahan. Nah, pasti kalian akan bertanya-tanya nih, gimana sih caranya menerapkan perawatan kecantikan yang sesuai anjuran Rasulullah ?

Nah, sebenarnya nih kunci untuk mempercantik diri bisa dimulai dari pola hidup sehat. Di antaranya rajin mengonsumsi buah, sayur dan daging. Selain itu, sebaiknya mengamalkan ajaran Rasulullah yaitu : dengan berhenti makan sebelum kenyang. Serta membagi perut menjadi tiga bagian yaitu untuk makanan, air, dan udara.

1.   Minyak Wangi Dzarirah


Ada sebuah riwayat menjelaskan bahwa suatu ketika Rasulullah SAW mengumpulkan para istrinya. Saat itu tampak salah satu dari mereka wajahnya ditumbuhi jerawat. Rasulullah kemudian menyarankan obat untuk sang istri menyembuhkan jerawatnya.

Dalam bahasa Arab, jerawat disebut juga dengan nama batsrah. Ini adalah benjolan kecil yang terdiri dari zat panas yang tumbuh secara alami.

Obat yang dianjurkan Rasulullah SAW ini tentunya jauh dari efek samping. Bisa saja ini menjadi salah satu alternatif bagi kalian termasuk saya yang sudah lelah mengatasi jerawat yang tidak kunjung sembuh.

Hal ini dikisahkan oleh Ibnu As-Sunni yang mendapat informasi dari beberapa istri nabi. Mereka bercerita bahwa suatu hari Nabi Muhammad SAW menemui istrinya. Diantara mereka tampak tumbuh semacam jerawat. Rasulullah kemudian bertanya yang artinya:

“Engkau punya minyak wangi dzarirah?.” Mereka menjawab, “punya”. Rasulullah berkata, “Bubuhkan di jerawatmu itu seraya membaca doa, ‘Ya Allah yang mengecilkan yang besar dan membesarkan yang kecil, kecilkanlah jerawatku ini.” Hadits ini diakui oleh Adz-Dzahabi, dikeluarkan oleh Al-Hakim dan sanadnya adalah shahih.

Dzarirah merupakan wewangian yang terbuat dari sari batang pohon arum. Karena sifatnya yang panas dan kering membuat tanamanini dipercaya menyembuhkan jerawat. Disamping bisa mematangkan dan mengeluarkan isi jerawat, obat ini juga memberikan aroma yang wangi.

2.    Madu


Madu adalah salah satu bahan yang paling sering digunakan dalam produk kesehatan dan kecantikan, karena memiliki sangat banyak kebaikan. Selain bisa langsung dikonsumsi, madu sangat bagus untuk digunakan pada kulit karena memiliki kemampuan antiseptiknya dengan kandungan antimicrobial, yang akan memastikan kondisi kulit tetap sehat dan terlindungi dari kuman.

 Dengan begitu, kekebalan tubuh pun akan meningkat untuk menjaga tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Madu juga mengandung antioksidan yang dibutuhkan kulit untuk melawan radikal bebas yang dapat merusak kulit. Radikal bebas berbahaya karena bisa menyebabkan kulit menjadi kusam, mengalami penuaan dini bahkan memicu terjadinya kanker. Untuk kulit kering, madu adalah jagoannya untuk memberi kelembapan ekstra.

Cara : Madu murni

a)    Ambil madu murni secukupnya.
b)    Oleskan pada wajah Anda menggunakan jari atau kapas seperti masker.
c)    Biarkan selama 30 menit dan bersihkan dengan air hangat.
d)    Ulangi proses yang sama secara teratur setiap hari agar kulit menjadi bersih dan mencegah jerawat.


3.    Habbatussauda


Bahan ini masih agak jarang digunakan, namun sudah menjadi primadona di Timur Tengah. Habbatussauda atau yang juga dikenal dengan nama jintan hitam ini dapat berguna untuk meredakan berbagai jenis penyakit.

Bahan alami yang juga digunakan para nabi untuk mengatasi penyakit kulit seperti sunburn hingga jerawat ini, bagus juga untuk meningkatkan pertahanan alami tubuh dan perawatan kulit karena mengandung anti-inflamatory. Apalagi, kandungan antioksidannya akan membantu kulit untuk mengatasi paparan-paparan radikal bebas. Sehingga bahan yang berbiji hitam ini sangat bagus sebagai bahan untuk merawat kulit. Dalam dunia medis, bagi yang memiliki darah tinggi, habbatussauda juga dapat menurunkan tekanan darah, lho.

Caranya : Oleskan pada wajah yang berjerawat secara rutin atau bisa 3 kali seminggu. Kalian bisa mengkobinasikan dengan madu atau minyak zaitun.

Meskipun jintan hitam mengandung zat anti alergi bukan berarti cocok untuk semua jenis kulit. Efek samping ini, biasa kerap dirasakan oleh pemilik jenis kulit sensitif. Apabila Ladies memiliki kulit sensitive, efek samping yang sering muncul adalah timbul rasa gatal dan bercak merah pada kulit.

4. Wudhu


Salah satu bentuk yang paling sederhana dan tanpa disadari, manfaat wudhu ternyata sangat besar. Dalam Sunnah, disarankan untuk tidak hanya melakukan wudhu untuk sholat tetapi juga sebelum tidur dan membaca Al-Qur'an.

Manfaat wudhu juga terbukti secara ilmiah. Ini berkontribusi besar terhadap menjadi kesehatan individu secara utuh.

Berwudhu dapat membuat kulit tetap besih dan bersinar. Dalam sudut pandang Islam, wajah yang sering dibersihkan oleh wudhu dianggap memancarkan cahaya alami. Wudhu juga bisa merawat kulit yang berjerawat loh..


Nah, itulah beberapa perawatan kecantikan yang sudah ada sejak zaman Nabi. Yuks mari mencoba. Semoga bermanfaat yah.. 


Wallahu a’lam..

Referensi :

https://www.infoyunik.com/2015/10/inilah-obat-jerawat-anjuran-rasulullah.html
https://komunitasamam.wordpress.com/2009/05/31/mengobati-jerawat-ala-rasulullah-saw/
https://www.rimma.co/98303/sponsored/bingung-mencari-perawatan-kulit-yang-aman-dan-halal-kandungan-bahan-alami-kesayangan-nabi-ini-bisa-banget-kamu-coba/
https://hellosehat.com/pusat-kesehatan/dermatologi/jerawat/6-cara-pakai-madu-untuk-jerawat/
https://wolipop.detik.com/beauty-hacks/d-4885813/5-tips-kecantikan-alami-dalam-islam
https://www.fimela.com/beauty-health/read/3848796/tuntaskan-jerawat-dengan-jintan-hitam#

Gambar :

https://www.islampos.com/minyak-dzarirah-obat-yang-dipakai-istri-rasulullah-untuk-jerawat-174751/
https://id.pinterest.com/pin/535013630726457175/
https://id.pinterest.com/pin/478789004129925266/
https://id.pinterest.com/pin/596445544384245782/

Menelisik Obat Jerawat yang Dianjurkan dan Sudah Ada Dizaman Rasulullah Menelisik Obat Jerawat yang Dianjurkan dan Sudah Ada Dizaman Rasulullah Reviewed by Annisa Wally on 22:49 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.