Tips Kemandirian Diri : Menjalani Hidup Dengan Mandiri



Kapan kamu mulai  tersadar untuk memikirkan kemandirian itu sendiri? Pernahkah sesekali mulai merenung tentang kehidupan ini? Dimana ada kalanya kita tak seharusnya terus bergantung kepada orang lain, sebab ada masa dimana kelak kita akan sendiri juga.

Apa yang terjadi  jika kita selalu berharap agar orang lain selalu bisa membantu kita, entah itu juga tentang keputusan apapun yang kita ambil, lantas bagaimana jika mereka mulai menolak untuk membantumu ?

Mulai sekarang coba pikirkan cara yang nyaman untuk diri sendiri agar tak gampang bergantung lagi kepada orang lain. Mengandalkan diri sendiri akan jauh lebih bermakna, sebab kita akan merasakan bagaimana perjuangan kita ketika mendapatkan sesuatu. 

So, bagaimana sih cara agar menjadi pribadi yang mandiri ?

Yups, berikut tipsnya :

Ohiya, guys tips ini aku ambil di sebuah media sosial yaitu Instagram @satupersenofficial  tentang menjalani hidup dengan mandiri.

Nah, dalam study psikologi kemandirian atau self reliance diartikan sebagai keyakinan bahwa apa yang kamu punya ada dalam diri kamu itu sudah cukup untuk mencapai hidup bahagia dan bermakna.

Jika, kamu bertanya sebenarnya apa sih untungnya hidup mandiri ?

1. Supaya kamu tidak selalu tergantung orang lain saat menyelesaian masalah atau membuat keputusan.


2. Kamu punya kesempatan mewujudkan mimpi. Dimana kemandirian yang kamu miliki akan menguatkan apa yang ingin capai dalam hidupmu.


3. Dengan hidup mandiri, kamu bisa merasakan kedamaian. Yups, dimana kedamaian akan tercapai kalau kamu mempunyai prinsip sendiri dalam menjalani hidup.



BACA JUGA : Beberapa Cara yang Bisa Dilakukan Untuk Memperbaiki Diri Menjadi Lebih Baik

Lalu, bagaimana langkah awal jika ingin hidup mandiri ?

1. Sadari hal yang membuat kamu bergantung sama orang lain

 Kamu harus berlatih dan berusaha untuk lebih mandiri dibidang tersebut. Misalnya nih aku, aku saat ini belum punya pekerjaan. Dimana kelemahan pribadi belum bisa menghasilkan duit yang banyak untuk membantu orang tua. Lantas apa yang aku lakukan? Mencari cara untuk bisa berpenghasilan, seperti jualan pulsa dirumah, nulis artikel di blog pribadi, atau daftar di web yang menerima tulisan artikel. 

2. Jangan lupa pada kelebihan diri



Nah, jika kamu punya suatu hobby, coba kaitkan dengan kondisi sekrang dimana banyak saat ini orang yang menjadikan hobbynya sebagai pemasukan untuk menghasilkan duit atau lebih bisa bermanfaat bagi sesama. 

BACA JUGA : Untuk Kamu yang Sering Dikatain “Bodoh, Oon, Goblok, Bego ”, Yuks Ambil 5 Sisi Positifnya

3. Punya prinsip hidup yang kuat


Pahami terlebih dahulu tentang dirimu sendiri, apa yang kamu inginkan, kamu butuhkan, berusahalah untuk menempatkan diri sendiri disituasi dimana kamu bisa tetap memegang prinsip hidupmu itu. 

4.Tetapkan tujuan dan tentukan cara kamu meraihnya


Apakah kamu memiliki cita-cita, keinginan atau harapan dimasa depan? Dimana kelak kamu ingin menjadi sebuah peristiwa yang nyata bukan hanya sekedar mimpi semata? 

Saat ini mulailah untuk tetapkan tujuan hidupmu, dan berlahan pahami cara yang buat kamu bisa bertindak untuk meraihnya.


Nah, Self-reliance atau kemandirian diperlukan untuk membentuk opini, nilai, ide-ide pribadi dalam menentukan tujuan hidup dan meraihnya tanpa harus ketergantungan dengan orang lain.

Ohiya, kemandirian tumbuh dari kesadaran kita melihat kenyataan apa yang sedang kita hadapi, yang sedang terjadi. Aku berharap semoga penjelasan diatas tadi bisa membantu dan membuatmu mulai membangun kemandirian kamu yah..


Jika kalian mengalami kesulitan dalam membangun kemandirian diri kalian, kalian bisa mencari beberapa tips lainnya, bertanya kepada ahlinya bisa dimulai di website diskusi-diskusi.


Aku yakin, sobat skefo bisa menjadi pribadi yang mandiri, bertahap saja jangan sampai terlalu menekan diri, cukup memahami dan mulai bertindak yah.

Jangan lupa untuk selalu berdoa juga, bersyukur, jadikan setiap hari sebagai proses pembelajaran diri untuk menjadikan diri sosok yang lebih mandiri lagi. Semangatlah..

Semoga kita semua bisa menjadi pribadi mandiri juga bisa menjadi pribadi yang bermanfaat bagi sesama yah.. Aamiin

Wallahu a’lam..

Referensi bacaan :

IG : @satupersenofficial

Gambar : pinterest

1. https://id.pinterest.com/pin/135459901280333027/
2. https://id.pinterest.com/pin/659284832936277155/
3. https://id.pinterest.com/pin/606578643545464801/
4. https://id.pinterest.com/pin/860117228815604790/
Tips Kemandirian Diri : Menjalani Hidup Dengan Mandiri Tips Kemandirian Diri : Menjalani Hidup Dengan Mandiri Reviewed by Annisa Wally on 05:51 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.