TANDA BAHWA SI DIA ADALAH JODOHMU


Rezeki, maut dan jodoh memang telah tetapkan oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala sebelum kita dilahirkan ke dunia ini. Karena itu semuanya tak akan pernah tertukar dari masing-masing orang. Dan kita sebagai manusia tidak perlu khawatir dengan semua ketetapannya, karena janji Allah itu pasti.

Sebagai manusia biasa, terkadang kita selalu mengkhawatirkan masalah jodoh. Apalagi yang sudah menginjak usia yang tidak muda lagi namun belum juga dipertemukan jodohnya. 

Padahal seharusnya kita tidak perlu risau, karena semuanya sudah Allah tentukan. Sebagaimana firman Allah dalam surat Ar-Ruum ayat 21 yang artinya:

“ Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya di antaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda kaum yang berfikir.” (QS Ar-Ruum : 21)

Segala macam doa hingga amalan-amalan untuk segera dipertemukan dengan jodoh dilakukan oleh banyak orang. Ada baiknya kita belajar membaca tanda-tanda jodoh dari Allah.

Petunjuk soal jodoh ini pun selalu jadi perhatian, beberapa orang selalu menerka-nerka jika bertemu dengan seseorang dan bertanya dalam hati, apakah ini jodoh dari Allah?

Berikut 10 tanda si dia adalah jodohmu : 

1. Sifat yang sama (An-Nur:28)


Salah satunya memiliki sifat yang sama. Sifat yang dimaksud adalah kalian berdua bisa menerima satu sama lain sebab kamu bisa merasakan apa yang ia rasakan. Jika sedih maka, sedihnya bareng, jika bahagia, maka bahagianya bareng.

Sifat yang sama disini bukan berarti sama persis, sebab kalian bisa mengimbangi sifat masing-masing tidak saling meninggikan ego masing-masing karena ingin menang sendiri. Bisa dibilang bisa melengkapi satu sama lain.

2. Merasa tentram (Ar-Rum:21)



Wa min ayatihi an khalaqa lakum min anfusikum azwajal litaskunu ilaiha wa ja'ala bainakum mawaddataw wa rahmah, inna fi zalika la`ayatil liqaumiy yatafakkarun

Artinya: "Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir".

Tanda yang ini harus kamu rasakan sendiri, apakah merasa tenang dan tentram tanpa beban saat bersama dengannya? Jika iya, InsyaAllah dia jodohmu.


3. Diterima keluarga (Asy-Syura:11)


Fatirus-samawati wal-ard, ja'ala lakum min anfusikum azwajaw wa minal-an'ami azwaja, yazra`ukum fih, laisa kamislihi syai`, wa huwas-sami'ul-basir

Artinya: "(Dia) Pencipta langit dan bumi. Dia menjadikan bagi kamu dari jenis kamu sendiri pasangan-pasangan dan dari jenis binatang ternak pasangan-pasangan (pula), dijadikan-Nya kamu berkembang biak dengan jalan itu. Tidak ada sesuatupun yang serupa dengan Dia, dan Dialah yang Maha Mendengar dan Melihat".

 Jika hubungan kalian mendapat restu dari kedua keluarga maka, InsyaAllah dia adalah jodohmu.


4. Memahami kita (Al-Furqan:74)


 Wallazina yaquluna rabbana hab lana min azwajina wa zurriyyatina qurrata a'yuniw waj'alna lil-muttaqina imama

Artinya: "Dan orang orang yang berkata: Ya Tuhan kami, anugrahkanlah kepada kami istri-istri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa."

Jika ia bisa memahami dirimu, tidak banyak mengeluh, bahkan menuntut ini itu. Maka, InsyaAllah dialah jodohmu.

5. Memiliki Akhlak dan Tutur Kata yang Bernilai Motivasi
Tanda jodoh dari Allah selanjutnya yaitu dapat dilihat dari akhlak dan tutur kata yang bernilai motivasi sehingga keduanya akan lebih dekat dengan Allah Subhanahu Wa Ta’ala. 

Seseorang yang seperti ini akan selalu berusaha agar kita merasa bahagia dan terhindar dari perasaan sedih dan galau.
Setiap orang pastilah memiliki masalah masing-masing, dan hidup ini bagaikan roda, akan selalu berputar. 

Ada kalanya kita berada di atas, dan ada kalanya kita berada di bawah. Pada saat kita  tertimpa masalah, dan kehidupan kita berada diroda bawah saat ini pula kita memerlukan motivasi dari seseorang dan orang-orang terdekat kita.

Dari sini pula kita akan mengetahui orang yang mana yang masih berada dipihak kita dan masih memberikan support kepada kita. Karena kebanyakan orang akan menjauh ketika kita terpuruk atau tertimpa masalah. Sedangkan salah satu tanda jodoh dari Allah ialah orang yang dikirimkan Allah sebagai jodoh kita senantiasa akan selalu membantu kita.

Dia akan selalu ada untuk kita dalam keadaan senang maupun susah, dan dia selalu memiliki cara tersendiri untuk memotivasi kita.

6. Dapat Saling Memaafkan, Menerima Masa Lalu, Terbuka dan Jujur

Pada zaman sekarang ini, rasanya sulit menemukan orang yang mudah sekali memberikan maafnya apabila kita melakukan kesalahan. Namun, jika memang dia merupakan jodoh yang Allah kirimkan untuk kita maka dia akan memiliki perasaan yang tulus kepada kita dan akan selalu memaafkan kita tanpa alasan apapun.

Karena dia juga paham setiap orang memiliki masa lalu, baik masalalu yang indah maupun kelam. Seseorang yang tidak peduli dengan masalalu kita  yang buruk, bisa jadi dia pertanda jodoh dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

7. Memiliki Kemantapan Dalam Hati Kita

Hati manusia itu tidak dapat menetap, artinya selalu berubah-rubah. Begitupun ketika kita memiliki rasa sayang terhadap seseorang khususnya lawan jenis. Apalagi jika kita sudah kenal betul dengan orang tersebut, maka ketika dia membuat kita kecewa pastilah perasaan itu akan berubah.

Namun berbeda halnya apabila memang dia merupaka jodoh kita, hati kita akan mantap dan tidak mudah goyah. Dan pastinya kemantapan hati ini harus didasari dengan meminta petunjuk dari-Nya.

8. Menghentikan Kita Untuk Mencari yang Lain
 Ketika kita sudah menemukan seseorang yang dapat membuat kita merasa hidup kurang lengkap ketika orang itu tidak ada disamping kita, maka ini bisa jadi pertanda dari Allah bahwa dia adalah jodoh kita. Dengan demikian, orang tersebut akan membuat kita untuk berhenti mencari yang lain, meskipun orang tersebut penuh dengan kekurangan.

9. Selalu Tampil Apa Adanya dan Bersahaja
 Salah satu tanda bahwa dia adalah jodoh kita yaitu dia tidak akan jaim tampil apa adanya di depan kita. Dia akan selalu bersahaja dan tidak bersandiwara serta tidak membuat-buat penampilannya. Bagaimana cara dia bicara, bagaimana cara dia tertawa, bagaimana cara dia makan dan lain sebagainya dia tetap apa adanya.

10. Pintar Menyimpan Rahasia

 Apabila kita mempercayai seseorang untuk menyimpan rahasia kita, dan kita merasa tidak dapat menyembunyikan apapun darinya, maka bisa jadi itu pertanda bahwa dia adalah jodoh kita.

Demikianlah 10 tanda si dia adalah jodohmu. Nah, untuk lebih meyakinkan diri tentang si dia benar   jodoh dari-Nya, Allah memerintahkan kita untuk melakukan shalat istikharah serta bertawakkal berharap petunjuk Allah Ta’ala. sehingga kita akan mendapatkan jodoh terbaik dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Wallahu a’lam.. 

Referensi  (Senin, 23 Maret 2020) :

https://muslim.okezone.com/read/2019/09/30/614/2111198/ini-tanda-tanda-jodoh-menurut-alquran-cek-benarkah-dia-jodohmu?page=2

https://dalamislam.com/info-islami/tanda-tanda-jodoh-dari-allah

Sumber Gambar : Pinterest
TANDA BAHWA SI DIA ADALAH JODOHMU TANDA BAHWA SI DIA ADALAH JODOHMU Reviewed by Annisa Wally on 06:24 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.