KUMPULAN DOA-DOA AGAR SI DIA MENJADI JODOHMU


“Jodoh .. kapan jodohku datang ya? “ ada yang pernah bergumam seperti ini?  Mungkin sebagian dari kita kepengen nikah segera. Namun, masih bingung karena belum menemukan sosok yang bisa menggugah hati.

Ada yang bilang jodoh nanti datang sendiri karena itu Takdir jadi ngak tau. Ada yang bilang harus berusaha juga. Ada yang bilang santuy aja, jika waktunya tiba nanti bakal ketemu kok.

Lantas, apa yang sebenarnya dipersiapkan untuk menjemput jodoh?

Kali ini kita akan berfokus pada judul diatas yaitu:

 “Kumpulan doa-doa agar si dia menjadi jodohmu”.

Doa bisa disampaikan dalam bentuk dan bahasa apa pun, namun ada beberapa ayat al-Quran yang bisa kita hapalkan dan kita jadikan doa minta jodoh setelah salat. Jika kita bersungguh-sungguh, maka Insya Allah doa kita didengar dan diijabah oleh-Nya.

Salah satu ikhtiar yang bisa kita lakukan adalah dengan berdoa. Gimana doa yang diajarkan Islam dalam meminta jodoh? 

Berikut ini doa-doa agar didekatkan dengan jodoh : 

1. Surah Al-Anbiya’ ayat 89


Rabbi laa tadzarnii fardan wa anta khairul waaritsiin

 “Ya Tuhanku, janganlah Engkau biarkan aku hidup seorang diri (tanpa keturunan) dan Engkaulah ahli waris yang terbaik.” 

Kisah doa ini bermula dari cerita Nabi Zakaria yang tak kunjung diberikan keturunan setelah hidup puluhan tahun lamanya.

Kemudian, doa ini pun menjadi familiar digunakan untuk memohon agar didekatkan dengan jodoh. Para jomblo yang sering menyebut dirinya Jofisa (Jomblo fii sabiilillah)  menjadikan doa ini sebagai senjata ampuh dalam upaya menjemput jodoh idaman tanpa melalui pacaran. Kamu harus coba

2.Surah Al-Furqan ayat 74


Rabbanaa hablanaa min azwaajinaa wa dzuriyyatinaa qurrota a’yun

Bagi sebagian orang doa ini pasti sangat familiar karena sering digunakan dalam bacaan setelah shalat (baca: wirid). Doa ini memiliki arti

“Ya Tuhan kami,  anugerahkanlah kepada kami pasangan dan keturunan dari kalangan kami sebagai penenang hati.”


3. Surah Al-Qashash ayat 24


 Rabbi innii limaa anzalta ilayya min khoirin faqiirun

Terakhir adalah doa yang sempat diucapkan oleh Nabi Musa yang artinya, 

“Ya Tuhanku, sesungguhnya aku sangat memerlukan suatu kebaikan yang Engkau turunkan kepadaku.” 

Ada yang menafsirkan kata “kebaikan” dalam ayat tersebut adalah jodoh. Karena jodoh adalah bagian dari kebaikan yang mampu mengantarkan pada keridhaan Allah.

4. Khusus Pria


Robbi hablii milladunka zaujatan thoyyibah akhtubuhaa wa atazawwaju biha watakunu shoohibatan lii fiddiini waddunyaa wal aakhiroh.

Artinya: Ya Robb, berikanlah kepadaku istri yang terbaik dari sisi-Mu, istri yang aku lamar dan nikahi dan istri yang menjadi sahabatku dalam urusan agama, urusan dunia dan akhirat.

Baca Juga : Tanda-tanda Si dia adalah Jodohmu

5. Khusus Wanita


Robbi hablii milladunka zaujan thoyyiban  wayakuuna shoohiban lii fiddiini waddunyaa wal aakhiroh.

Artinya: Ya Robb, berikanlah kepadaku suami yang terbaik dari sisi-Mu, suami yang juga menjadi sahabatku dalam urusan agama, urusan dunia & akhirat.

Itulah 5 doa yang mampu mendekatkanmu dengan jodoh jika diamalkan terus menerus. Jangan lupa sebut nama si dia jika kamu ingin berjodoh dengannya.

Eiiits...  Namun, bukan serta merta kamu hanya menanti dan berdoa saja. Jodoh adalah bagian dari takdir Allah yang harus diupayakan bukan dipasrahkan tanpa dibarengi usaha dan doa.

Karena usaha tanpa dibarengi dengan doa ibarat orang yang ingin kenyang tanpa mau makan. Begitupun dengan doa tanpa dibarengi dengan usaha bagaikan pemanah tanpa busur (Ali Bin Abi Thalib).

Dalam hadis dari Ibnu Mas’ud r.a, dikabarkan bahwa Rasulullah Saw. bersabda:

 “Sesungguhnya proses penciptaan setiap orang dari kalian berada di perut ibunya selama 40 hari berupa segumpal air mani. Selanjutnya ia berubah menjadi segumpal darah dalam masa yang sama. Kemudian, ia berubah menajdi segumpal daging dalam masa yang sama. Lalu Allah mengutus seorang malaikat untuk meniupkan ruh kepadanya di samping diperintahkan untuk menuliskan empat perkara, yakni  rezekinya, ajalnya, perilakunya, dan bahagia-celakanya” (HR Bukhari-Muslim).

“Diantara tanda-tanda kebesaran dan kekuasaan Allah adalah dia menciptakan dari sejenismu pasangan-pasangan agar kamu masing-masing memperoleh ketentraman dari pasangan-nya dan dijadikan-nya diantara kamu mawaddah dan rahmah. Sesungguhnya yg demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yg berfikir”.
(QS Ar-Rum ayat  30:21)

Dari ayat tersebut, Allah sudah menciptakan makhluk hidup itu secara berpasang-pasangan, antara laki-laki dengan wanita.

pengertian jodoh dalam agama Islam berarti pasangan (pria atau wanita) yang telah ditetapkan atau juga disahkan dalam ikatan sebuah pernikahan yang jika sudah sah disebut pasangan suami istri.

Jodoh adalah salah satu rahasia Allah SWT dan tidak ada satu orang pun yang tahu akan jodoh dirinya sendiri ataupun jodoh orang lain.

Maka, sebagai hamba-Nya, kita hanya bisa berusaha dan berdoa agar cepat mendapatkan jodoh sesuai yang di inginkan.

Jika kamu adalah salah satu orang yang sedang mencari jodoh yang baik atau merasa jodoh belum datang juga, maka kamu tidak boleh berputus asa.


Jika saat ini kamu harus memilih jodoh


Nah, jika saat ini kamu dihadapkan dengan sebuah keadaan, dimana kamu harus memilih jodoh yang paling baik.

Kerjakan shalat istikharah, karena tujuan mengerjakan shalat sunnah ini untuk meminta petunjuk kepada Allah SWT agar diberi pilihan jodoh yang terbaik.

Sebenarnya manfaat dari shalat istikharah ini bukan hanya untuk meminta petunjuk mengenai jodoh saja, sebenarnya apa pun rasa gelisah atau bingung yang kamu sedang alami namun kamu tidak mampu memutuskan sendiri.

Maka cara terbaik yang bisa kamu lakukan yaitu dengan mengerjakan shalat istikharah secara rutin sampai Allah memberikan petunjuk. Semoga dimudahkan yah.. 

Baca Juga :  




Wallahu a’lam...

Referensi Bacaan (Senin, 23 Maret 2020) :

https://mizanpublishing.com/3-doa-ini-bisa-mendekatkanmu-dengan-jodoh

https://www.popbela.com/relationship/single/megadini/doa-meminta-jodoh-yang-diinginkan/full

https://alquranalfatih.com/doa/doa-mendapatkan-jodoh/

Sumber Gambar: Pinterest

KUMPULAN DOA-DOA AGAR SI DIA MENJADI JODOHMU KUMPULAN DOA-DOA AGAR SI DIA MENJADI JODOHMU Reviewed by Annisa Wally on 06:17 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.