AKIBAT SEKS DILUAR NIKAH MENURUT KESEHATAN DAN AGAMA

Pergaulan diikuti dengan makin banyaknya remaja yang terjebak melakukan hubungan seks di luar pernikahan yang sudah dalam  tahap yang memprihatinkan, namun yang harus lebih diperhatikan adalah banyaknya remaja yang tidak memahami dampak mengerikan dari seks bebas tersebut. 

Dampak mental tentu saja menjadi pengaruh pertama yang dirasakan pelaku hubungan seks di luar pernikahan, rasa minder di hadapan teman dan orang sekitar bercampur dengan perasaan bersalah.

Melakukan seks sebelum menikah sangat umum terjadi di banyak negara di dunia, termasuk di Indonesia. Menurut data dari Infodatin Kementerian Kesehatan Republik Indonesia tahun 2012, ada sebanyak 14,6% laki-laki usia 20-14 tahun dan 4,5% laki-laki usia 15-19 tahun yang pernah melakukan seks pranikah.

 Sedangkan untuk perempuan di usia 20-24 tahun terdapat sebanyak 1,8% dan di usia 15-19 tahun sebanyak 0,7%. Dari survei tersebut, alasan hubungan seksual pranikah terbanyak untuk laki-laki adalah karena penasaran atau ingin tahu. Dan untuk perempuan adalah karena dipaksa oleh pasangan. 

Lantas, akibat apa yang akan didapat ? 


AKIBAT SEKS DILUAR NIKAH MENURUT KESEHATAN

Dikutip dari laman hellosehat.com (Rabu, 25 Maret 2020) menjelaskan 5 akibat seks diluar nikah yaitu :

1. Anda mendapatkan rumor dan reputasi buruk

Bahkan meskipun kita berada di dunia yang sangat maju, namun tradisi dan moral yang telah diajarkan oleh masyarakat dan orangtua masih tertanam dalam diri kita. Itulah mengapa melakukan hubungan seksual sebelum menikah dianggap sebagai hal yang buruk. 

Dan ketika seseorang melakukan perbuatan ini, ia dapat memiliki reputasi buruk. Hal ini dapat mempengaruhi hubungan antara orang-orang di tempat kerja atau di kehidupan pribadi.

2. Anda merasa kurang percaya diri dan kehilangan kepercayaan
 Hubungan antara pasangan pada dasarnya disebabkan oleh rasa kagum atau cinta, dan perasaan itu mungkin dipicu oleh adanya kesamaan antara keduanya. Hubungan ini terkadang dipimpin oleh hasrat seksual atau nafsu. Jadi, ketika Anda berhubungan seks dengan pasangan, maka Anda telah memenuhi kebutuhan masing-masing. 

Dan hal itu dapat membuat Anda memiliki kepercayaan diri yang kurang terhadap pasangan, karena Anda berpikir bahwa ia mungkin akan mencari orang lain untuk mengalami hubungan seksual yang berbeda.

3. Anda akan merasakan efek emosional

 Dan di komunitas agama, wanita yang melakukan hubungan seks sebelum menikah dianggap berdosa, dan bahkan ia bisa saja ditolak oleh keluarga, masyarakat, dan agamanya. Jadi, bagi wanita yang melakukannya, hatinya mungkin merasa hancur, malu, tidak aman, tertekan, dan lain-lain.

4. Pasangan Anda dapat kehilangan gairah seksual

 Beberapa wanita menyatakan bahwa melakukan hubungan seksual sebelum menikah merupakan sebuah cara agar sang pria berkomitmen dalam hubungan. Namun, nyatanya banyak orang yang melakukan seks hanya karena nafsu mereka. Selain itu, sekali Anda mulai melakukan seks, maka itu akan menjadi kebiasaan alami yang mungkin menjadi tak terhindarkan dan berakhir melakukan setidaknya dua atau tiga kali seminggu.

Aktivitas yang terlalu sering seperti ini tidak hanya akan merusak keintiman, namun juga akan menggagalkan keinginan dalam memasuki tahap hubungan selanjutnya dari wanita yang sama. Jika ternyata hubungan Anda maju hingga pernikahan, pasangan Anda mungkin akan mengalami masalah, seperti kehilangan ereksi, melakukan hubungan seks lebih cepat dari biasanya, dan beberapa masalah serupa lainnya yang terkait dengan hubungan seksual. Dan itu dapat mempengaruhi pernikahan serta masa depan Anda bersama pasangan.


5. Anda berisiko terkena penyakit menular seksual
 Salah satu penyakit yang tidak dapat disembuhkan adalah HIV, virus ini dapat membunuh jutaan orang di seluruh dunia, dan penyebab utamanya adalah melakukan hubungan seks sebelum menikah, terutama jika orang tersebut melakukannya dengan banyak orang. Ini termasuk wanita yang kecanduan akan perasaan orgasme dan selalu berhubungan seksual dengan banyak pria, atau pria yang pergi ke tempat pelacur dan berhubungan seks dengan banyak wanita. Perlu diketahui bahwa penyakit ini dapat mengakhiri hidup Anda hanya karena Anda berhubungan dengan seseorang yang tertular virus.

AKIBAT SEKS DILUAR NIKAH MENURUT AGAMA

 Dalam Islam, hubungan seksual yang dilakukan sebelum pernikahan merupakan hal yang dilarang yang dianggap sebagai zina. Zina dalam Islam merupakan dosa besar yang harus dihindari.

Kitab suci umat Islam, Al-Quran, telah menjelaskan peraturan mengenai hubungan seksual sebelum pernikahan. Laman cahayaislam.wordpress.com pernah melansir beberapa dalil Al-Quran mengenai larangan zina.

“Dan janganlah kamu mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji. Dan suatu jalan yang buruk,” (al-Israa’: 32)

“Perempuan yang berzina dengan laki-laki yang berzina, hendaklah kamu dera tiap-tiap satu dari ke-duanya itu dengan seratus kali deraan.Dan janganlah kamu dipengaruhi oleh perasaan kasihan kepada keduanya di dalam menjalankan (ketentuan) agama Allah yaitu jika kamu sebenarnya beriman kepada Allah dan hari akhirat. Dan hendaklah hukuman keduanya itu disaksikan oleh sekumpulan orang-orang yang beriman." (an-Nuur: 2)”


Berdasarkan firman Allah Ta'ala:

" Laki-laki yang berzina tidak mengawini melainkan perempuan yang berzina, atau perempuan yang musyrik; dan perempuan yang berzina tidak dikawini melainkan oleh laki-laki yang berzina atau laki-laki musyrik, dan yang demikian itu diharamkan atas orang-orang yang mukmin." (QS. An-Nur: 3)

Ulama kalangan Mazhab Hambali berpendapat bahwa pernikahan wanita pezina yang belum bertobat tidak sah. Mereka tidak menjadikan tobatnya pezina laki-laki sebagai syarat sahnya pernikahan.  (Al-Inshaf, 8/132, Kasyaful Qana, 5/83). Tidak boleh bagi laki-laki pezina menikah dengan wanita pezina sebelum mereka bertobat.

Jadi, Bertaubatlah selama masih diberi kesempatan. Ingatlah Allah Maha Pengampun sebesar apapun dosa kita, InsyaAllah akan dimaafkanNya asalkan benar-benar bertaubat. Jangan lupa untuk terus perbaiki diri, perbanyak berdzikir atas dosa-dosa zina yang telah dilakukan. 

Tetap Optimis dan semangat dalam bertaubat yah.. Semoga Allah memberikan petunjuk, menerima taubat, dan memaafkan diri dari perbuatan zina dimasa lalu. Aamiin


Penyebab

 Adapun penyebab dari hubungan seks diluar nikah adalah :
  • Kurangnya pemahaman agama
  • Kurangnya perhatian orang tua
  • Pengaruh alkohol
  • Bacaan dan tontonan remaja yang bermuatan seks
  • Perilaku lesbianisme pada remaja meningkat dan 
  • Akibat teknologi telekomunikasi
Tips mencegah hubungan seks di luar nikah


Membekali remaja putri Anda dengan pengetahuan mengenai seks bebas tentu bisa menjadi dasar agar tidak terjerumus dalam hubungan seks di luar nikah. Adapun tips lanjutan yang bisa anda pilih adalah :

  • Memberikan pengetahuan seks diluar nikah memberikan pengaruh buruk terhadap mental dan organ reproduksi khususnya wanita.
  • Memberitahukan bahwa remaja yang menjadi ibu muda mempunyai emosional dan psikologis yang belum matang untuk membesarkan seorang bayi.
  • Berikan Perhatian terhadap anak remaja anda. Dukung dan fasilitasi hobi mereka yang positif, agar tidak banyak waktu terbuang untuk memikirkan masalah seks.
  • Sebuah penelitian didapatkan anak perempuan yang dilahirkan dan dibesarkan dari orangtua yang mengalami kehamilan di luar nikah, juga akan mengalami hal serupa saat mereka remaja. Maka anda harus lebih menjaga anak-anak anda.
Demikianlah pembahasan kita tentang "akibat seks diluar nikah menurut kesehatan dan agama" jika masih belum dengan penjelasan kalian bisa bertanya langsung kepada ahlinya. Semoga bermanfaat...

Wallahu a'lam...


 Referensi (Rabu, 25 Maret 2020) : 

https://hellosehat.com/hidup-sehat/seks-asmara/melakukan-seks-sebelum-menikah/

https://doktersehat.com/dampak-mengerikan-hubungan-seks-diluar-pernikahan/

https://www.fimela.com/parenting/read/3826547/pandangan-islam-mengenai-hubungan-seksual-pra-nikah

Sumber gambar : pinterest
AKIBAT SEKS DILUAR NIKAH MENURUT KESEHATAN DAN AGAMA AKIBAT SEKS DILUAR NIKAH MENURUT KESEHATAN DAN AGAMA Reviewed by Annisa Wally on 03:06 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.