Lebih Baik Sibuk Mencari Jalan Untuk Memperbaiki Diri, Daripada Sibuk Menyalahkan Keadaan dengan Cara Mengeluh

Mengeluh hanya membuat keadaan bertambah buruk, gimana menurutmu ?

Pembahasan kali ini terinspirasi dari akun media sosial IG : tausiyah.mudamudi (dialog muslimah). Saya tertarik mengangkat judul postingannya sebagai tulisan sebab, banyak diantara kita terutama juga saya tanpa sadari lupa memperbaiki kesalahan diri malah sibuk mengeluh.

Lantas, apa sih yang bisa kita lakukan untuk bisa sibuk memperbaiki diri ?

Bagaimana cara agar tak sibuk menyalahkan keadaan dan kemudian hanya mengeluh saja ?

Yups, mari kita mulai dengan pembahasan awal yang santuy tapi serius yah..


Cara Menghentikan Kebiasaan Mengeluh

Banyak diantara kita terbiasa mengeluh, hal ini wajar saja sebab Tuhan menciptakan manusia memang memiliki sifat berkeluh kesah.
Tapi, hal ini bukanlah sesuatu yang baik. Jadi bagaimana cara menghentikannya ?

1.    Berlahan Ubah Cara Berpikir

Manusia diciptakan memiliki akal untuk berpikir. Tak bisa dipungkiri terkadang akal pikiran manusia akan lebih suka ke arah negatif. Namun, akan kembali lagi ke dalam kesadarn masing-masing pribadi. Jaga pikiran tetap positif.

Ketahuilah mengeluh adalah bagian dari kebiasaan yang berlahan bisa diatasi melalui pola pikir. Misalnya saja nih, jika mulai mengeluh atau sudah teranjur mengeluh coba untuk tersadar dan berlahan atur pola pikir dengan memikirkan hal-hal positif. Paksa diri untuk melakukan hal ini, baiknya minta bantuan ke orang-orang sekitar untuk menengur apabila tanpa sadar keluhan itu terlontarkan.

Kadang berkata-kata lebih mudah daripada melakukannya. Itulah berlatih berlahan saja. So, santuy tapi serius, ya kan ? kamu bisa kok..



2.   Selalu Ingat Untuk Bersyukur

Rehat sejenak dan pikirkan hal-hal apa saja yang kamu miliki saat ini. Syukuri semua itu, ini akan membantu mu agar bisa lebih melihat kenyataan dan selalu ingat untuk mensyukuri segalanya.  Lihatlah kebawah jangan keatas.

Bersyukur dan mengeluh memiliki ikatan kuat, sebab jika kamu mengeluh berarti kamu belum bisa mensyukuri apa yang ada,iya kan?

Entah kamu lagi kesusahn atau gimana. Coba bereksperimen syukuri kesusahan itu dan pahami maksudnya lihat kearah positif. Tanpa sadar masalah yang kamu hadapi, kesusahan yang kamu rasakan berlahan akan hilang.

Bersyukurlah selalu, ingat berfokus pada solusi, bukan masalahnya yah. Jangan lupa untuk menjaga ibadah dengan baik, berdoa juga salah satu cara untuk menemukan solusi dan mengurangi tekanan-tekanan dalam diri dari kesusahan dan masalahmu. Bersemangatlah dan teruslah bersyukur.


3.  Mengontrol Diri Agar Tidak Berkeinginan Terlalu Tinggi


Setiap dari kita pasti punya keinginan dimana jika keinginan itu bisa diwujudkan akan ada perasaan puas dan bahagia. Namun, bagaimana jika tidak ?

Keinginan yang terlalu menggebu-gebu berlahan akan membuat diri ingin lebih lagi dan lagi, dimana akan muncul ketidakpenerimaan atas hasil yang dia dapatkan. Akhirnya mengeluhlah yang hanya bisa dia lakukan. Kurangi keinginanmu untuk sempurna

Ingatlah tidak semua hal yang kita inginkan bisa kita dapatkan. Rawatlah diri dan keinginanmu dengan baik yah. Perhatikan gaya hidup dan juga penyebab stres kita. Lakukan hal yang menyenangkan misalnya : kerjakan hobbi yang bermanfaat, nonton film favorite, de el el.. intinya lakukan hal yang bisa membuatmu bisa benar-benar murni bersenang-senang.

Dalam tanda kutip hal yang bisa membuatmu lebih baik lagi, lebih santuy tapi serius. Hal-hal positif dah, bukan yang negatif dan aneh-aneh yah.. eehhehehe.. bersemangatlah kamu bisa kok..



4. Curhat Segala Rasamu

Jangan dipendam, ngak apa-apa kok curhat. Hanya saja curhat yang kamu lakukan jangan disembarang tempat, pilih baik-baik bukan di sosmed yah bahaya soalnya nanti mereka yang membaca status kamu bisa ikut ngeluh juga,  ehehheheh..

Mintalah seseorang untuk menasehatimu atau memberimu motivasi. Cara ini bisa membantumu lebih tersadar lagi loh. Intinya jangan pendem sendiri nanti kamu stress. Pilih orang yang tepat yah untuk mencurahkan segala rasa misalnya kepadaku. Ehe..

Buka mata, lihat kenyataan dan tambah wawasan.


Alasan Mengapa Seseorang Susah Untuk Berhenti Mengeluh

Nah, untuk memperkuat tulisan ini saya langsung ngutip aja yah dari website hellosehat.com (Ahad, 10 Mei 2020)  ada beberapa alasan yang menyebabkan seseorang susah tuk berhenti mengeluh. Apa saja ? nyoook silahkan simak.

1. Menyalurkan Stres


Seperti yang dilansir oleh Psychology Today, sebagian besar orang mengeluh untuk melampiaskan kekesalan dan stres yang dialami. Masalah yang menumpuk dan membuat kepala ingin pecah biasanya disalurkan melalui keluh kesah kepada orang sekitar.

Terkadang, seseorang yang mengeluh tidak membutuhkan saran apapun dari orang yang mendengarnya. Mereka hanya ingin apa yang mereka alami hari itu didengarkan. Oleh karena itu, mengeluh sangat efektif untuk menyalurkan stres.

2. Tidak Mampu Menyelesaikan Masalah Sendiri

Selain ingin didengarkan, terkadang orang yang mengeluh juga mencari saran dari orang-orang sekitarnya. Keluhannya seputar masalah pekerjaan yang tak kunjung tuntas atau bertengkar dengan pasangannya, tidak dapat diselesaikan sendirian. Oleh karena itu, kebanyakan orang mencari saran agar mereka tahu apa yang harus dilakukan selanjutnya.

3. Bagian Dari Kebiasaan di Keluarga


Biasanya, hal ini terjadi akibat seringnya melihat orang tua mengeluh tentang masalah apapun. Kebiasaan tersebut pada akhirnya terpatri dalam pikiran dan tanpa sadar membuat seseorang sering mengeluh.

Pada dasarnya, mereka tidak mengatakan bahwa apa yang mereka katakan adalah mengeluh, melainkan mengomentari apa yang sudah jelas. Nah, ketidaksadaran tersebut pun bisa membuat kita atau orang lain menjadi sulit untuk berhenti mengeluh.


4. Ingin Mendapatkan Perhatian

Selain menyalurkan stres, mengeluh juga dilakukan untuk mendapatkan perhatian. Misalnya, seorang anak yang prestasinya jauh lebih buruk dibandingkan saudaranya cenderung senang mengeluh. Mereka memilih jalan tersebut agar orang di sekitarnya bersimpati dan memberikan dukungan untuk mengatasi masalah yang dikeluhkan.

Oleh karena itu, sulit sekali untuk menghentikan kebiasaan ini ketika berkeluh kesah untuk mendapatkan perhatian dari orang-orang sekitar.

Nah, demikianlah topik kita hari ini yah,,, semoga bermanfaat ..

Wallahu a'lam..

Referensi :

IG : tausiyah.mudamudi (dialog muslimah)
https://www.idntimes.com/life/inspiration/bayu/cara-mengurangi-rasa-mengeluh
http://www.amhardinspire.com/2013/11/cara-menghentikan-kebiasaan-mengeluh.html
https://www.tipspengembangandiri.com/cara-tidak-mudah-mengeluh/
https://hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/tips-berhenti-mengeluh-2/

Sumber gambar : pinterest
https://id.pinterest.com/pin/637189047263813584/
https://id.pinterest.com/pin/335729347226761660/
https://id.pinterest.com/pin/805581452082625113/
https://id.pinterest.com/pin/634937247454110434/
https://id.pinterest.com/pin/407857309992351112/
https://id.pinterest.com/pin/702631979353432095/
https://id.pinterest.com/pin/331014641342088121/
https://id.pinterest.com/pin/48132289757200289/



Lebih Baik Sibuk Mencari Jalan Untuk Memperbaiki Diri, Daripada Sibuk Menyalahkan Keadaan dengan Cara Mengeluh Lebih Baik Sibuk Mencari Jalan Untuk Memperbaiki Diri, Daripada Sibuk Menyalahkan Keadaan dengan Cara Mengeluh Reviewed by Annisa Wally on 20:44 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.